Pada umumnya cuaca di wilayah Jawa Barat bertepatan pada shalat Idul Adha pada pagi hari cerah hingga berawan
Bandung (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung, memprakirakan cuaca di wilayah Jawa Barat pada 17 Juni 2024 atau bertepatan dengan saat shalat Idul Adha 1445 Hijriah diprakirakan cerah berawan.

“Pada umumnya cuaca di wilayah Jawa Barat bertepatan pada shalat Idul Adha pada pagi hari cerah hingga berawan,” kata Staf Data dan Informasi Stasiun Geofisika BMKG Bandung Yuni Yulianti di Bandung, Minggu.

Baca juga: BMKG: Sebaran abu vulkanik erupsi Lewotobi berdampak pada dua bandara

Adapun cuaca di berbagai masjid besar di wilayah Jabar saat shalat Idul Adha diprakirakan cerah berawan pada suhu udara 20,4 hingga 28 derajat Celcius dan kecepatan angin 10 kilometer per jam.

Yuni menjelaskan pantauan prospek cuaca pada siang hari masih tetap cerah berawan. Sedangkan potensi hujan ringan akan terjadi pada sore hingga malam hari di sebagian wilayah di Jawa Barat.

“Di Bandung bagian barat dan selatan ada potensi hujan ringan dalam skala lokal pada sore hari,” kata dia.

Selain itu, dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca buruk pada masa peralihan dari musim hujan ke kemarau (pancaroba) karena dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin, serta dampak kerusakan lainnya.

Baca juga: BMKG prakirakan  Idul Adha di Sumut diguyur hujan ringan 

“Saat ini sudah memasuki musim pancaroba. Namun hujan skala lokal dengan intensitas ringan hingga lebat masih berpotensi di beberapa wilayah dengan skala lokal terutama di siang hari menjelang sore hari,” katanya.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan potensi cuaca ekstrem saat perubahan cuaca yang dapat terjadi saat musim pancaroba pada bulan Juni 2024.

“Bagi yang sedang beraktivitas di luar ruangan apabila terjadi cuaca buruk seperti hujan lebat maupun panas yang terik diharapkan untuk berlindung ditempat yang aman,” kata Yuni.

Baca juga: Minggu, BMKG prakirakan cuaca sebagian besar Indonesia cerah berawan

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024