Ambon (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku melakukan penambahan ekstra stok bahan bakar minyak (BBM) dan LPG menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Kami melakukan penambahan pasokan untuk produk minyak tanah sebesar 6 persen dan meningkatkan stok BBM dan LPG di setiap lembaga penyalur untuk menjaga ketersediaan stok bagi konsumen," kata Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Edi Mangun, di Ambon, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya menambah pasokan minyak tanah di sejumlah daerah secara bertahap untuk menjaga kebutuhan masyarakat agar tetap terpenuhi.

“Dengan jumlah tingkat kebutuhan akan minyak tanah yang masih tinggi di wilayah Papua Maluku, kami melakukan kesiapsiagaan dengan menambah pasokan minyak tanah secara bertahap di sejumlah daerah selama masa perayaan Idul Adha 2024," katanya.

Pertamina mengimbau masyarakat mampu, agar sebaiknya menggunakan LPG (Bright Gas) daripada minyak tanah yang memang untuk masyarakat kurang mampu.
Baca juga: Pertamina jamin stok BBM wilayah Kepulauan Maluku Papua lancar

Sesuai dengan Perpres 191 Tahun 2014 bahwa peruntukan minyak tanah subsidi hanya untuk masyarakat tidak mampu yang kegiatannya untuk memasak dan penerangan.

"Ada baiknya kepada masyarakat yang mampu agar beralih ke Bright Gas biar kuota minyak tanah sesuai peruntukan,” katanya.

Edi berharap, penambahan yang dilakukan Pertamina dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan bisa tenang menjalankan rangkaian kegiatan Hari Raya Idul Adha 2024.

Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku menjamin ketersediaan produk BBM dan LPG di seluruh outlet dan lembaga penyalur wilayah Papua Maluku.

"Kami menjamin stok BBM dan LPG tersedia, namun kami himbau agar masyarakat juga dapat sesuai menggunakan BBM sesuai peruntukan, terutama pertalite, biosolar, dan minyak tanah yang disubsidi pemerintah,” ujarnya pula.

Jika masyarakat menemukan kendala maupun membutuhkan informasi lebih lanjut terkait produk Pertamina, dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

Sebelumnya, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan peningkatan konsumsi yang terjadi telah diantisipasi dengan dilakukan penambahan penyaluran ke lembaga penyalur.

Untuk LPG telah disiapkan tambahan 11,4 juta tabung dan penyaluran sudah dilakukan secara bertahap sejak minggu lalu hingga nanti masa Idul Adha. Penyaluran solar kemarin juga mencapai 5 persen di atas normal.
Baca juga: Menteri ESDM resmikan 26 penyalur BBM Satu Harga di Papua-Maluku
Baca juga: Pertamina pastikan stok BBM dan LPG di Maluku Papua aman saat Pemilu

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024