Boyolali (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan bantuan seekor sapi untuk hewan kurban ke Pondok Pesantren (Ponpes) Raudlatul Maarif di Dukuh Sendanglo, Desa Temon, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Sapi kurban dari Presiden itu diserahkan oleh Staf Kepresidenan Edun Rusmawan kepada petugas Ponpes Raudlatul Maarif, Minggu.

Edun Rusmawan mengatakan mendapat amanah untuk menyalurkan seekor sapi untuk hewan kurban dari Presiden ke Ponpes Raudlatul Maarif di Kabupaten Boyolali.

"Kami baru pertama kali ini mengantarkan sapi untuk hewan kurban di Ponpes Raudlatul Maarif di Dukuh Sendanglo, Desa Temon, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Ponpes Raudlatul Maarif, Muhamad Qowiyul Aziz, mengaku bersyukur dapat bantuan hewan kurban berupa satu ekor sapi dari Presiden Jako Widodo.

Bantuan Presiden ini merupakan yang ketiga kalinya sejak 2022 dan kali ini dengan berat sapi sekitar 845 kg.

"Satu ekor sapi dari Bapak Presiden ini rencana disembelih untuk kurban pada Rabu (19/6) untuk warga di Desa Temon ini," katanya.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh Afiany Rifdania, mengatakan pihaknya sudah memeriksa kesehatan sapi kurban dari Presiden itu.

"Sapi itu sudah dicek kesehatannya dan dibuatkan rekomendasi masuknya," katanya.

Menurut dia, sapi kurban jenis peranakan Ongole tersebut didatangkan dari peternak asal Dusun Cabean, Desa Pandeyan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Baca juga: Sulbar distribusikan sapi bantuan Presiden Jokowi di Mamuju Tengah

Baca juga: Presiden Jokowi pulang ke Solo jelang perayaan Idul Adha

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024