Kepada pengunjung kami imbau membawa payung atau mantel untuk antisipasi hujan deras yang sewaktu-waktu bisa terjadi
Jakarta (ANTARA) - Taman Margasatwa Ragunan tetap membuka pelayanan pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah agar  pengunjung puas bisa menikmati waktu liburan di tempat wisata Jakarta Selatan itu.
 
"Kami tetap membuka pelayanan pada Idul Adha tepatnya 17 dan 18 Juni 2024," kata Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang saat dihubungi di Jakarta, Minggu.
 
Bambang menuturkan pada esok hari jam operasional akan berlaku mulai dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.
 
Hari libur satwa yang biasanya Senin mundur menjadi hari Rabu, sehingga Taman Margasatwa Ragunan akan tutup pada 19 Juni 2024.
 
"Rabu atau 19 Juni 2024 tutup atau libur satwa," ujarnya.
 
Lebih lanjut, dia memprediksi puncak kepadatan pengunjung diperkirakan terjadi pada Selasa (18/6). Dia menargetkan sebanyak 60 ribu akan datang.
 
Dalam antisipasi lonjakan pengunjung, pihaknya menyediakan lahan parkir hingga merawat dam memastikan pohon sekitar agar tidak tumbang dan melukai pengunjung.
 
Selain itu, dia juga mengingatkan agar para pengunjung membawa mantel hujan atau payung mengingat cuaca yang tidak menentu, terkadang hujan deras.
 
"Kepada pengunjung kami imbau membawa payung atau mantel untuk antisipasi hujan deras yang sewaktu-waktu bisa terjadi," ujarnya.
 
Pada Minggu hingga pukul 15.00 WIB, sebanyak 16.466 pengunjung mendatangi Taman Margasatwa Ragunan.
 
Dia menambahkan, jumlah pengunjung sebanyak itu membawa 2.002 kendaraan roda dua, 3 bus, 75 sepeda, 1.340 kendaraan roda empat, termasuk 2.338 orang pengunjung ke pusat Primata Schmutzer.
 
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait kelayakan bus pariwisata di kawasan wisata Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan.
 
Ditemukan beberapa bus pariwisata yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat, seperti uji kendaraan bermotor atau KIR dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) namun tetap beroperasi mengangkut penumpang.
 
Empat dari enam bus tidak melengkapi KIR, bahkan ada yang STNK-nya sudah habis. Nantinya, bus-bus tersebut tidak akan dibiarkan beroperasi atau ditahan.
 
Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan memiliki luas 147 hektare serta dihuni lebih dari 2.009 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon.
Baca juga: Pemprov DKI tiadakan ganjil genap saat libur Idul Adha 2024
Baca juga: KAI Daop 1 jual 175 ribu tiket masa libur Idul Adha per 14 Juni
Baca juga: Menikmati wisata taman gratis di Jakarta Selatan saat libur panjang

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024