Berlin (ANTARA) - Kepolisian Jerman menerjunkan sekitar 22 ribu personel setiap harinya untuk menjaga ketat perhelatan Piala Eropa 2024.

Keamanan menjadi salah fokus kepolisian Jerman selama perhelatan turnamen sepak bola Piala Eropa 2024.

Pihak kepolisian Jerman juga melibatkan pihak kepolisian internasional dari 23 negara termasuk Prancis, Spanyol, Türkiye untuk mengamankan Piala Eropa 2024. Kurang lebih 350 pihak kepolisian didatangkan ke Jerman.

Petugas kepolisian setiap harinya berjaga di berbagai tempat mulai dari stasiun kereta, bandara, jalanan, pusat perbelanjaan, tempat atraksi wisata, Fan Zone hingga stadion. Para petugas kepolisian siaga beroperasi memastikan keadaan aman terkendali.

Kehadiran para pendukung fanatik tim kontestan Piala Eropa 2024 tak luput dari penjagaan pihak kepolisian. Laga perdana Grup B antara Spanyol melawan Kroasia di Olympiastadion, Sabtu (15/06/2024) waktu setempat atau Minggu (16/06/2024) dinihari WIB dijaga ketat pihak kepolisian.

Begitu juga di Fan Zone kawasan Reichstag, Berlin, yang sempat ditutup setelah 
​​​​​ ditemukan tas ransel yang mencurigakan di pintu masuk. Anjing pelacak dan skuat penanganan bom sempat melacak tas yang mencurigakan tersebut, hasil penyelidikan tidak ditemukan hal yang membahayakan.

Polisi berkuda juga turun ke jalan menyisir kawasan Reichstag. Karena kawasan ini merupakan kawasan penting pemerintahan sekaligus pusat wisata di Berlin.

Menteri Dalam Negeri Jerman Nancy Faeser menyatakan, Jerman telah menyiapkan segalanya demi mengamankan Piala Eropa 2024. Pemerintah Jerman juga siap mengantisipasi kemungkinan terburuk, mulai dari hooligan, teroris, hingga kejahatan dunia maya selama Piala Eropa edisi ke-17 di Jerman berlangsung.

Sepanjang Piala Eropa 2024, Berlin akan menggelar enam pertandingan di Olympiastadion. Pertandingan pertama penyisihan Grup B antara Spanyol dan Kroasia pada Sabtu (15/06/2024). Selanjutnya, Polandia vs Austria untuk penyisihan Grup D pada Jumat (21/06/2024). Disusul laga Grup D lainnya antara Belanda vs Austria pada Selasa (25/06/2024).

Olympiastadion juga bakal menjadi venue babak 16 besar, perempat final, dan final Piala Eropa 2024. Tidak heran banyak suporter yang mulai berdatangan ke Berlin untuk berpesta pora menyambut turnamen Piala Eropa 2024.

Baca juga: Suporter Jerman larut dalam euforia kemenangan 5-1 atas Skotlandia
Baca juga: Timnas Jerman menang telak 5-1 atas Skotlandia di pembukaan Euro 2024


Pewarta: Citra Listya Rini
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024