Jakarta (ANTARA) -
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pada Idul Adha 1445 H membagikan hewan kurban sebanyak 331 ekor yang tersebar di 23 provinsi.
 
"Pembagian hewan kurban meliputi masjid, yayasan, pondok pesantren, lembaga dan instansi, serta pemukiman masyarakat di sekitar operasional perusahaan," kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni di Jakarta, Senin.
 
Hewan kurban terdiri dari 186 ekor sapi dan 145 ekor kambing itu dibagikan secara bertahap mulai Kamis (13/6) hingga Minggu (16/6).
 
Wilayah penyaluran hewan kurban dari SIG tersebar di 23 provinsi, meliputi Aceh, Riau (Dumai), Sumatra Barat (Padang), Lampung, Bengkulu, Sumatra Selatan (Palembang dan Baturaja), Jakarta, Banten (Cilegon), Jawa Barat (Bogor), Jawa Tengah (Tegal, Kendal, Rembang, Blora, dan Cilacap), DI Yogyakarta (Sleman), Jawa Timur (Pamekasan, Gresik, Tuban, Banyuwangi Surabaya).

Kemudian, di Kalimantan Barat (Mempawah), Kalimantan Timur (Balikpapan dan Samarinda), Sulawesi Selatan (Pangkep dan Makassar), Sulawesi Utara (Bitung), Sulawesi Tengah (Palu), Sulawesi Barat (Mamuju), Sulawesi Tenggara (Konawe Selatan), Maluku (Ambon), Maluku Utara (Tidore Kepulauan), Bali (Buleleng), serta Papua Barat (Sorong).
 
Pada Idul Adha 2024 SIG juga membeli hewan dari UMKM. SIG memastikan seluruh hewan kurban yang disalurkan telah melalui tes kesehatan sehingga layak untuk dikonsumsi.
 
"Semoga Idul Adha ini menjadi momentum untuk menjaga keharmonisan dan kebersamaan antara SIG dan masyarakat yang selama ini telah terjalin dengan baik,” ujar Vita.
 
Salah satu penerima hewan kurban, Ketua Yayasan Cipta Alenia Nusantara, Depok, Sleman, DI Yogyakarta, Ainurrahman merasa bersyukur mendapat bantuan 10 ekor sapi kurban dari SIG.
 
Sapi kurban ini nantinya akan disalurkan ke 10 kapanewon (kecamatan) yang ada di Kabupaten Sleman antara lain Kapanewon Tempel, Turi, Cangkringan, Berbah, Ngemplak, Prambanan, Depok, Kalasan, Sayegan, dan Godean.
 
”Alhamdulillah tahun ini mendapatkan bantuan 10 ekor sapi kurban dari SIG, kami anggap ini sebagai amanah yang wajib kami jalankan. Untuk penyaluran dilakukan secara merata di 10 kapanewon dengan melibatkan kerja sama dari pihak-pihak masjid sekitar wilayah penyaluran," kata Ainurrahman.
 
Menurut Ainurrahman, prioritas hasil kurban akan diserahkan untuk duafa, janda, serta rumah yatim piatu.


 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024