Jakarta (ANTARA) -
Pebasket Diftha Pratama yang bermain untuk Amartha Hangtuah Jakarta mengatakan bahwa dirinya selalu siap bila diminta menjadi panitia atau bagian dari "tukang jagal" hewan kurban dalam momen Lebaran Idul Adha, meski sampai saat ini belum ada yang meminta.
 
Ia membeberkan, jika kegiatan itu dilakukan, maka aktivitas tersebut merupakan wujud untuk membaur dan bersilaturahmi dengan tetangga sekitar, di tengah jadwal yang padat dalam menghadapi Indonesian Basketball League (IBL) 2024.
 
"Kalau tiba-tiba diajak untuk ikut membantu memotong hewan kurban atau menjadi panitia, ya saya terima saja, langsung bersiap pakai celana pendek dan baju kaos," kata Diftha usai melaksanakan shalat Idul Adha di rumah mertuanya yang berada di Jakarta, Senin pagi.

Baca juga: Presiden: Berkurban ekspresi syukur atas berkah Allah SWT
 
Menurut dia, kegiatan selama merayakan Hari Raya Haji itu tidak jauh berbeda dengan orang lain pada umumnya.
 
Untuk tahun ini, Diftha mengaku belum bisa pulang kampung atau mudik ke Palembang, Sumatera Selatan, yang merupakan daerah asal dan tempat tinggal orang tuanya, sehingga merayakan lebaran di rumah mertua.
 
"Tapi memang kalau Idul Adha saya lebih sering di Jakarta, kecuali Idul Fitri, baru kadang gantian di Jakarta atau Palembang," ujar peraih player of the game dalam laga Amartha Hangtuah Jakarta versus Rajawali Medan di GOR UNJ, Jakarta, pada Sabtu (15/6) lalu.

Baca juga: Amartha libas Rajawali, Raden Yohanes sebut anak asuh main efektif
 
Lebih lanjut pemain setinggi 1,83 meter itu membeberkan, setelah selesai shalat Id pagi ini, dirinya dan istri berencana berziarah ke makam mertua perempuan yang baru saja meninggal pada bulan puasa lalu.
 
Ayah dari satu anak itu menambahkan, saat berlebaran di Jakarta biasanya keluarga besar istri memiliki tradisi untuk berkumpul di rumah mertuanya, baik perayaan Idul Adha maupun Idul Fitri.
 
Terkait jadwal kompetisi IBL yang masih padat di pekan ke-16, shooting guard andalan Amartha Hangtuah itu mengungkapkan bila dirinya akan kembali berlatih pada hari kedua atau ketiga libur lebaran, guna bersiap untuk menjalani sisa musim reguler IBL 2024.

Baca juga: Pelatih Amartha: Meski kalah, sistem permainan sudah mulai membaik

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024