Wakil Sekretaris Tabligh PP Muhammadiyah Hefinal Chairan bertugas sebagai imam, dan Muhammad Dwi Fajri yang merupakan Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamkah (Uhamka) bertugas sebagai khotib Sholat Id
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melaksanakan sholat Id Idul Adha bersama ratusan warga di halaman Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin pagi.

Berdasarkan pantauan tidak ada pengamanan khusus di lingkungan Kantor PP Muhammadiyah yang menjadi tempat menteri bersama keluarganya beribadah Sholat Id.

Wakil Sekretaris Tabligh PP Muhammadiyah Hefinal Chairan bertugas sebagai imam, dan Muhammad Dwi Fajri yang merupakan Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamkah (Uhamka) bertugas sebagai khotib Sholat Id yang berlangsung pukul 07:00 WIB - 07:40 WIB.
 
Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamkah (Uhamka) Muhammad Dwi Fajri bertugas sebagai khotib Sholat Id Idul Adha di halaman Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin (17/6/2024) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/)

Dalam khutbahnya, Dwi Fajri menyampaikan selain nilai pengorbanan dan nilai ketaatan ikhtisar yang dapat dipedomani dari Lebaran Idul Adha/lebaran kurban ialah pentingnya peran keluarga dalam membangun pendidikan mental-spritiual anak sebagaimana dipedomani oleh Nabi Ibrahim AS pada anaknya yakni Nabi Ismail AS.

Mengutip Al Quran Surat As-Saffat ayat 102 yang artinya “Dia (Ismail) menjawab, ‘Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar".

Baca juga: Wapres bersama Wury Ma'ruf Amin Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal
Baca juga: Presiden Joko Widodo shalat id di Simpanglima Semarang


Menurut dia, sebagai sosok yang sangat taat pada perintah Allah, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS melakukan apa yang telah menjadi ketetapan bagi keduanya.

"Maknanya setiap anak terlahir dalam keadaan suci, orang tua lah yang menjadikannya berkarakter kuat kesalehan secara horizontal atau vertikal kepada Sang Khalik," kata dia.

menurutnya pendidikan keluarga menjadi penting terlebih di tengah penetrasi penyembah kebebasan menafikan kehidupan pascadunia saat ini.

Adapun pada Lebaran Adha tahun 1445 Hijriyah ini PP Muhammadiyah menerima sumbangan sebanyak 30 ekor hewan kurban yang terdiri atas 26 ekor sapi, dan 4 ekor kambing.

Puluhan hewan kurban dari Presiden Joko Widodo - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, sejumlah pejabat tinggi negara kementerian/lembaga dan para umat muslim jemaah masjid At-tahwir PP Muhammadiyah Jakarta.

Pengurus Kantor PP Muhammadiyah Jakarta mengagendakan pemotongan puluhan hewan kurban tersebut di Rumah Potong Hewan (RPH) Cipulir, Tanggerang, Banten, Selasa (18/6) atau hari ke-2 Lebaran Idul Adha.

Aspek kesehatan bagi hewan kurban dan efektivitas penyembelihan menjadi salah satu alasan pimpinan organisasi memutuskan pemotongan dilakukan di RPH.

Baca juga: Presiden: Berkurban ekspresi syukur atas berkah Allah SWT
Baca juga: Gibran tunaikan Shalat Id di Halaman Balai Kota Surakarta 

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024