Pada kesempatan ini mari menjadikan momen hari raya kurban senantiasa memperkuat kolaborasi dan sinergi untuk mewujudkan Kota Jambi menjadi negeri baldatun toyyibatun warobbun ghofur
Jambi (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengajak seluruh masyarakat menjadikan momentum Idul Adha untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi.

"Pada kesempatan ini mari menjadikan momen hari raya kurban senantiasa memperkuat kolaborasi dan sinergi untuk mewujudkan Kota Jambi menjadi negeri baldatun toyyibatun warobbun ghofur," kata Sri dalam sambutannya sebelum Sholat Id di Jambi, Senin.

Sri juga meminta masyarakat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan. Dengan persatuan yang kuat, ia optimistis pembangunan Kota Jambi dapat berkelanjutan.

Hikmah dari ibadah kurban ini, kata dia adalah didasarkan atas keikhlasan memberikan atau melepaskan sesuatu yg dimiliki sebagai wujud ketakwaan pada Allah SWT.

Hakikatnya semua yang dimiliki meliputi harta, pangkat, derajat, keluarga, kerabat bahkan diri sendiri merupakan titipan dari Allah yang harus rela dilepaskan ketika diminta.

"Ibadah kurban memiliki nilai ketakwaan mendalam, peristiwa Nabi Ibrahim AS mengorbankan anaknya Nabi Ismail AS untuk menaati perintah Allah hendaknya menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa ibadah kurban merupakan ujian dan untuk keimanan dan ketakwaan," kata Sri.

Pada kesempatan ini, Sri juga meminta doa agar warga Kota Jambi yang tengah menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Makkah diberikan kesehatan dan menjadi haji mabrur.

Total terdapat 789 calon haji asal Kota Jambi yang telah diberangkatkan ke tanah suci dalam tiga kloter.

Sementara itu, pada Idul Adha tahun ini Pemerintah Kota Jambi menggelar sholat Idul Adha di lapangan Balaikota. Sholat Idul Adha diikuti oleh ASN dan masyarakat sekitar Kantor Wali Kota.

Adapun petugas sholat Idul Adha di Balaikota yaitu imam adalah Andri dan Khatib Muhammed Yusuf Abdullah.

Kegiatan di Balaikota Jambi dilanjutkan dengan penyembelihan 196 ekor hewan kurban dari pegawai Pemkot Jambi, Perumda Tirta Mayang, dan Bank Jambi.

Baca juga: Ketua DPR harap Idul Adha jadi momentum tingkatkan gotong-royong
Baca juga: Pemprov Maluku pusatkan Shalat Idul Adha di Masjid Raya Al Fatah Ambon
Baca juga: Menko PMK sholat Id Adha bersama ratusan warga di PP Muhammadiyah



 

Pewarta: Tuyani
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024