Jakarta (ANTARA) - Kendati Rumania masuk gelanggang dengan bekal juara babak kualifikasi, Ukraina yang hampir gagal mencapai putaran final Euro 2024, justru lebih dijagokan memenangkan pertandingan pertama Grup E di Allianz Arena, Muenchen, Senin malam pukul 20.00 WIB nanti ini.

Salah satu faktor yang menempatkan Ukraina sedikit di depan dalam peluang memenangkan laga ini adalah peringkat FIFA antara kedua yang lumayan senjang.

Saat ini, Ukraina berperingkat 22, sedangkan Rumania berperingkat 46.

Padahal Rumania tak terkalahkan dalam 10 pertandingan kualifikasi Euro 2024 yang di antaranya dengan enam kemenangan yang membawa mereka menjuarai grup kualifikasinya.

Sebaliknya, Ukraina lolos dengan susah payah ke Euro 2024 karena harus terlebih dahulu melewati fase playoff di mana mereka mengalahkan Bosnia-Herzegovina dan kemudian Islandia.

Ukraina yang tengah berperang dengan Rusia, juga tergolong di antara peserta baru kompetisi Eropa dan dunia, karena negara ini baru merdeka pada 1991 setelah melepaskan diri dari Uni Soviet.

Sebaliknya, Rumania sudah lama akrab dengan kompetisi sepak bola dunia, bahkan termasuk satu dari empat negara Eropa yang mengikuti Piala Dunia pertama pada 1930.

Di tingkat Eropa, Rumania sudah enam kali mengikutinya hingga mencapai delapan besar edisi 1960, 1972 dan 1984, sedangkan Piala Dunia sudah mereka ikuti sebanyak tujuh kali.

Rumania pernah menawan pada era playmaker Gheorge Hagi ketika mereka mencapai perempatfinal Piala Dunia setelah menumbangkan Argentina pada babak 16 besar.

Tetap saja, riwayat petualangan yang lebih lama pun tidak membuat Rumania diunggulkan menang dari Ukraina, karena negara itu sudah lama tak bermain di level tinggi.

Pencapaian Ukraina sendiri dalam Piala Eropa adalah babak perempatfinal edisi 2020, sedangkan babak tertinggi yang digapai Ukraina dalam Piala Dunia adalah perempatfinal edisi 2006.

Baca juga: Georgia, Ukraina dan Polandia melaju ke putaran final Piala Eropa 2024

Selanjutnya: Tak lebih baik

Copyright © ANTARA 2024