Jakarta (ANTARA) - Tokoh nasional Anies Baswedan mengajak masyarakat agar meneladan dan mengambil hikmah dari keluarga Nabi Ibrahim AS di momen Idul Adha kali ini.

Teladan yang dapat diambil, kata dia, yakni salah satunya dari cara Nabi Ibrahim AS menjalani kehidupan serta mendidik Nabi Ismail AS sehingga memiliki derajat ketakwaan yang tinggi meskipun masih berusia belia.

"Kita semua di sini ikut mengambil hikmah, mengambil pelajaran dari peristiwa yang dialami oleh keluarga teladan, keluarga Nabi Ibrahim AS, di mana keikhlasan dan ketakwaan diuji dengan sangat berat,” ujar Anies usai Shalat Idul Adha di Jakarta, Senin, seperti dikutip dari keterangan tertulis resmi.

Menurutnya, didikan Nabi Ibrahim AS dan Siti Hajar kepada Nabi Ismail AS dapat menjadi pelajaran lantaran Nabi Ismail AS bisa memiliki derajat ketakwaan yang tinggi di usia belia, sehingga apa pun yang menjadi tuntutan dan perintah dilaksanakan Nabi Ismail AS tanpa ada reservasi.

Adapun Anies melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 Hijiriah di Masjid Babul Khoirot, Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca juga: Masjid Istiqlal terima 62 hewan kurban pada Idul Adha 1445 H

Baca juga: Idul Adha, Dharma Jaya jual 1.800 sapi kurban

Baca juga: Pj Bupati ajak masyarakat Banyumas mencontoh keteladanan Nabi Ibrahim


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melaksanakan shalat bersama keluarga, mulai dari ibu, istri, menantu, dan ketiga putranya.

"Alhamdulillah pagi hari ini kami sekeluarga baru saja menyelesaikan Shalat Idul Adha bersama-sama di Masjid Babul Khoirot Lebak Bulus bersama dengan warga di sini," ucap dia.

Dalam momen tersebut, Anies juga mengajak semua untuk mendoakan masyarakat Indonesia yang sedang beribadah haji di tanah suci diberikan kesehatan, dimudahkan dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji, serta kembali dalam keadaan haji mabrur.

Selain itu, ia juga meminta para jamaah haji di tanah suci agar bisa mendoakan seluruh masyarakat di tanah air.

"Kami juga berharap pada saudara-saudara yang sedang melaksanakan ibadah haji doakan kami di tanah air sehingga selalu aman, tenteram, damai dan sejahtera," tutur Anies menambahkan.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024