Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Ayu Ting Ting mengaku rindu dengan kedua orang tuanya yang sedang menunaikan ibadah haji, sehingga bagi Ayu dan keluarga momen Idul Adha tahun ini terasa berbeda tanpa hadirnya orang tua untuk sementara waktu.

“(Suasananya) beda banget, biasanya ayah kalau malam suka beli (bunga) sedap malam. Semalam saya cari, ternyata nggak ada,” kata Ayu saat ditemui di kawasan Depok, Jawa Barat, Senin.

“Kalau ada ibu, biasanya ibu udah masak-masak dari sore, tapi sekarang nggak ada ibu, jadi yang masak kemarin saudaranya ayah”.

Baca juga: Kris Dayanti doakan orang yang sedang berhaji di Arafah

Baca juga: Atta Halilintar niatkan kurban untuk kebaikan anak dan istrinya


Ayu pun sempat kerepotan untuk mempersiapkan perayaan Idul Adha tahun ini karena biasanya orang tua Ayu lah yang mengurus semuanya. Namun, Ayu bersyukur semua persiapannya berjalan lancar hingga hari ini.

“Repot banget, kalau urusan beli makanan untuk acara itu ribet banget ngurusnya, untung ada adek yang bantu soalnya saya kerja,” katanya.

Walaupun berjauhan, Ayu tetap berkomunikasi dengan orang tuanya untuk menanyakan kabar dan kesehatan masing-masing. Beruntung, orang tua Ayu masih diberikan kesehatan dan waktu ibadah yang cukup kala cuaca di Arab Saudi (Mekkah) terbilang ekstrem untuk saat ini.

“Dulu pernah (ditinggal) waktu ayah sama ibu pergi haji juga, cuma kalau sekarang lebih berasa soalnya cucunya sudah pada gede, sepi rumah,” kata Ayu.

Menariknya, Ayu dapat melaksanakan shalat Idul Adha tahun ini dengan tepat waktu dibandingkan sebelumnya. Usut punya usut, Ayu mengakui sebab keterlambatannya selama ini untuk melaksanakan sholat Hari Raya adalah persiapan orang tuanya yang lebih banyak dibandingkan dia serta keluarga lainnya.

Alhamdulillah tadi kita datangnya lebih awal (untuk shalat di masjid), berarti penyebab selama ini telat adalah ayah dan ibu,” kata Ayu sambil tertawa.

Meskipun orang tuanya absen sejenak di momen Idul Adha tahun ini, Ayu tetap menjalankan tradisi perayaan Idul Adha dengan khidmat. Mulai dari berkurban sapi, memasak ketupat, dan berkumpul bersama keluarga besar lainnya.

Alhamdulillah kita berkurban hari ini, walaupun nggak ada ayah dan ibu, setidaknya harus kurban,” kata pelantun “Alamat Palsu” itu.

Rencananya, proses kurban sapinya akan dilakukan di teras rumahnya hari ini. Pihak Ayu juga akan membagikan langsung daging kurban miliknya kepada tetangga sekitar dan orang-orang yang membutuhkan.

Di momen Hari Raya Idul Adha tahun ini, Ayu pun memberikan pesan hangat untuk seluruh masyarakat Indonesia yang merayakannya.

“Selamat Hari Raya Idul Adha, semoga amal ibadah kita semua diterima Allah SWT dan mohon maaf lahir batin,” tutupnya.

Baca juga: Rayakan Idul Adha, deretan artis ini beli hewan kurban berukuran besar

Baca juga: Buat suasana berbeda, Muslim di Jepang shalat Idul Adha di Kayaba Park

Baca juga: Masjid Istiqlal sebut ada 25 ribu permohonan daging kurban


 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024