Samarinda (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyerahkan seekor sapi bantuan kemasyarakatan dari Presiden Joko Widodo kepada pengurus Masjid Besar Darussalam Desa Tengin Baru, kawasan IKN, yakni sapi jenis Limosin dengan berat 900 kilogram.

"Sapi Limosin ini sebelumnya diserahkan perwakilan dari Istana Kepresidenan kepada OIKN pada Sabtu (15/6), selanjutnya diserahkan ke Masjid Darussalam," kata Direktur Pelayanan Dasar OIKN Suwito dalam rilis Biro SDM dan Humas OIKN diterima di Samarinda, Senin.

Hasil penyembelihan hewan kurban dari bantuan Presiden ini kemudian didistribusikan kepada masyarakat di sekitar masjid dan warga Desa Tengin Baru sehingga manfaatnya dapat dirasakan banyak orang.

Bantuan ini bentuk dukungan Presiden untuk kegiatan keagamaan di Nusantara, termasuk simbol kebersamaan dalam merayakan Idul Adha.

Baca juga: Presiden: Berkurban ekspresi syukur atas berkah Allah SWT

Suwito menyampaikan terima kasih atas dukungan diberikan Presiden dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan acara ini.

"Kegiatan ini bukan hanya bentuk ibadah, tetapi juga sebagai momentum untuk mempererat hubungan antara pemerintah dan masyarakat. Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dalam upaya kita membangun Nusantara," ujarnya.

OIKN juga menekankan pentingnya kegiatan sosial dan keagamaan dalam mendukung pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Nusantara.

"Insyaallah pada tahun-tahun berikutnya akan bertambah banyak sapi bantuan Presiden RI kepada masyarakat di wilayah IKN, dengan bertambahnya sapi kurban, tentu cakupan penerima juga makin banyak," kata Suwito.

Ketua Panitia Hari Besar Idul Adha Masjid Besar Darussalam  Desa Tengin Baru Imron mengapresiasi bantuan hewan kurban dari Presiden ke wilayah itu.

Ia berharap untuk selanjutnya bantuan yang diberikan semakin banyak sehingga lebih menyemarakkan peringatan Idul Adha serta memotivasi warga turut berkontribusi dalam berkurban.

Dengan terlaksana kegiatan ini, diharapkan OIKN dapat terus berperan aktif mendukung kegiatan keagamaan dan sosial di Nusantara, sehingga dapat terus membangun hubungan yang harmonis dengan seluruh elemen masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi salurkan bantuan hewan kurban sapi di Ponpes Boyolali
Baca juga: Sulbar distribusikan sapi bantuan Presiden Jokowi di Mamuju Tengah
Baca juga: Presiden Jokowi berkurban tujuh ekor sapi di Solo

Pewarta: M.Ghofar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024