Beijing (ANTARA) - Otoritas meteorologi dan sumber daya air China pada Minggu (16/6) malam waktu setempat merilis peringatan untuk hujan badai dan aliran air deras dari gunung (mountain torrent) di beberapa daerah di negara itu.

Mulai Minggu pukul 20.00 hingga Senin (17/6) pukul 20.00, hujan lebat atau hujan badai diperkirakan akan mengguyur sebagian wilayah di Zhejiang, Fujian, Jiangxi, Hunan, Guizhou, Sichuan, Yunnan, Guangxi, dan Guangdong, ungkap peringatan berkode oranye yang dikeluarkan oleh Pusat Meteorologi Nasional (National Meteorological Center/NMC) China.

Sebagian wilayah di daerah-daerah itu berpotensi mengalami hujan lebat dengan curah hujan maksimum per jam melebihi 70 milimeter, disertai badai petir atau angin kencang, kata NMC.

Kementerian Sumber Daya Air China dan Administrasi Meteorologi China (China Meteorological Administration/CMA) mengeluarkan peringatan oranye, yang menyebutkan bahwa aliran air deras dari gunung kemungkinan akan menerjang sebagian wilayah di daerah-daerah yang disebutkan di atas mulai Minggu pukul 20.00 hingga Senin pukul 20.00.

Aliran air deras dari gunung sangat berpotensi menerjang sejumlah wilayah di Zhejiang bagian barat daya dan Fujian bagian utara selama periode yang sama, urai peringatan merah untuk aliran air deras dari gunung yang juga dirilis oleh kedua departemen itu.

Pemerintah daerah didesak untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan dan memastikan keselamatan warga.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkatan yang diberi kode warna, dengan merah mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh oranye, kuning, dan biru. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024