Jakarta (ANTARA) - Timnas Rumania meraih kemenangan 3-0 atas Ukraina dalam pertandingan pembuka Grup E Piala Eropa (Euro) 2024 di Allianz Arena, Munich, Minggu malam WIB.
 
Gol Rumania masing-masing dicetak oleh Nicolae Stanciu, Razvan Marin, dan Denis Dragus. Sedangkan Ukraina mencatatkan 13 percobaan dengan hanya dua tembakan on target di sepanjang pertandingan.
 
Kemenangan ini membuat Rumania memuncaki Grup E untuk sementara dengan tiga poin. Sedangkan Ukraina berada di dasar klasemen, demikian yang dikutip dari laman resmi UEFA.
 
Posisi klasemen Grup E masih bisa berubah jelang pertandingan grup lainnya antara Belgia vs Slovakia yang bertanding pada pukul 23.00 WIB.
 
Jalannya pertandingan
 
Ukraina memulai pertandingan dengan menekan Rumania, tetapi mereka kesulitan memanfaatkan peluang yang ada.
 
Rumania justru bisa mencuri gol di tengah serbuan Ukraina. Nicolae Stanciu berhasil membuka skor pada menit ke-29 menit. Dimulai dari kesalahan lini belakang, operan Andriy Lunin mengarah kepada Dennis Man di sayap kanan.
 
Bola kemudian diberikan kepada Stanciu yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti sebelum bersarang di sudut atas gawang Ukraina. Rumania unggul 1-0.
 
Rumania nyaris kebobolan gol bunuh diri. Umpan silang Mykhailo Mudryk dari sayap kiri disapu Radu Dragusin dengan sundulan. Bola sapuan itu melambung tipis di atas mistar Rumania.
 
Pada menit ke-53, Rumania memperbesar skor menjadi 2-0 melalui gol Razvan Marin. Serangan dari sayap kanan dihalau Mykola Shaparenko. Bola dikuasai Marin yang langsung melakukan tendangan dari luar kotak penalti yang gagal dihentikan Lunin.
 
Rumania menghancurkan Ukraina saat mencetak gol ketiga pada menit ke-56.
   
Aksi individu Dennis Man di kotak penalti dituntaskan dengan tendangan dari sisi kanan. Bola menerobos kaki Artem Dovbyk sebelum disontek Denis Dragus dari jarak dekat. Rumania 3-0 Ukraina.
 
Setelah unggul tiga gol, Rumania memilih untuk bermain bertahan dengan disiplin.

Ukraina nyaris saja mencetak gol di injury time. Roman Yaremchuk menerima bola umpan silang dari kanan, sebelum diteruskan dengan tendangan lambung.

Bola melewati atas kepala Florin Nita, tetapi masih membentur mistar gawang Rumania sebelum keluar lapangan.

Rumania sukses mempertahankan keunggulan 3-0 mereka sampai pertandingan berakhir.
 
Susunan Pemain
 
Rumania (4-1-4-1): Florin Nita, Andrei Burca, Radu Dragusin, Andrei Ratiu, Nicuor Bancu, Marius Marin (Adrian Rus 75'), Rzvan Marin, Florinel Coman (Valentin Mihala 62'), Nicolae Stanciu, Dennis Man (Ianis Hagi 62'), Denis Dragus (George Puscas 75')
 
Ukraina (4-2-3-1): Lunin, Yukhym Konoplia (Oleksandr Tymchyk 72'), Illia Zabarnyi, Mikola Matvyenko, Taras Stepanenko (Vladimir Brazhko 62'), Mykola Shaparenko (Roman Yaremchuk 63'), Mudryk, Heorhii Sudakov, Viktor Tsyhankov (Andriy Yarmolenko 63'), Artem Dovbyk

Baca juga: Gareth Southgate cukup puas dengan penampilan timnas Inggris
Baca juga: Gol semata wayang Jude Bellingham bawa Inggris kalahkan Serbia 1-0

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024