Sofyan Ruzian dicopot dari posisi Sekjen ISSI

Sofyan Ruzian dicopot dari posisi Sekjen ISSI

ILUSTRASI (ANTARANews/ferly)

Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PB ISSI Sofyan Ruzian dicopot dari jabatannya meski mampu mempersembahkan predikat juara umum cabang olahraga balap sepeda pada SEA Games 2013 di Naypyitaw, Myanmar.

Ketua Umum PB ISSI Edmound JT Simorangkir di Jakarta, Jumat, membenarkan perihal penggantian posisi sekjen dengan dalih ingin melakukan peremajaan serta demi peningkatan prestasi balap sepeda Indonesia.

"Mungkin ini ekstrem, tapi kita ingin kinerja PB ISSI ke depan lebih baik. Untuk itu, perlu mekanisme organisasi yang lebih efektif dan kita membutuhkan perubahan," katanya.

Sofyan Ruzian yang merupakan Sekjen PB ISSI periode 2012-2016 dicopot dari jabatannya berdasarkan Surat Keputusan PB ISSI Nomor 005/SK/PB ISSI/01/2014 tertanggal 23 Januari 2014.

"Untuk penggantinya kami menunjuk Ibu Inge Inkiriwang. Dia merupakan mantan atlet dan ingin memberikan dukungan pada pengembangan balap sepeda Indonesia," katanya.

Edmound menambahkan dengan adanya penggantian ini, diharapkan bisa memacu prestasi balap sepeda Indonesia jauh lebih baik. Apalagi, target saat ini adalah ingin memecahkan telor medali pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

"Penggantian ini juga tuntutan dari pelatih dan atlet. Yang jelas, kami ingin semuanya lebih baik dan bisa berlari cepat," kata mantan petinggi BP Migas itu.

Pergantian Sekjen PB ISSI terlihat begitu mengejutkan, karena dilakukan dua hari sebelum pelaksanaan Rapat Kerja Nasional PB ISSI di Wisma PKBI Jakarta.

Saat ini, sudah ada 19 dari 30 pengurus provinsi yang tiba di Jakarta. Jumlah ini masih akan terus bertambah karena beberapa perwakilan, di antaranya dari Kepulauan Riau masih dalam perjalanan.

"Kami datang ke sini sesuai dengan undangan yang dikirimkan PB ISSI. Sesuai dengan rencana, Rakernas akan dibuka besok, Sabtu (25/1). Perwakilan dari KONI juga akan datang," kata perwakilan Pengprov ISSI Jambi, Beni.

Rakernas di Wisma PKBI Jakarta ini ternyata mendapatkan saingan. Ketua Umum PB ISSI Edmound JT Simorangkir juga menggelar rakernas yang sama di Hotel Dwangsa Jakarta dengan agenda utama melakukan evaluasi kegiatan selama satu tahun dan membahas program berikutnya.

"Besok, Sabtu (25/1) akan dibuka. Malam ini kami akan melakukan komunikasi dengan pengurus provinsi termasuk penjelasan tentang penggantian Sekjen PB ISSI," kata Edmoud JT Simorangkir.

Prestasi cabang balap sepeda Indonesia di level Asia Tenggara memang cukup menggembirakan. Dengan hasil bagus di SEA Games 2013 Myanmar, PB ISSI menargetkan atlet Indonesia mampu meraih satu emas di Asian Games 2014 Korea Selatan.

(B016/D010)

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar