Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan meresmikan pusat pelatihan wartawan Asia Tenggara secara simbolis saat menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2014 di Bengkulu 9 Februari 2014.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin, usai melaporkan kesiapan penyelenggarakan HPN 2014 mengatakan lokasi pusat pelatihan wartawan ASEAN tersebut berlokasi di Palembang, sementara pelaksanaan HPN dipusatkan di Bengkulu.

"Kami akan meluncurkan pusat pendidikan dan pelatihan wartawan ASEAN (saat peringatan HPN-red). Tempatnya di Palembang, bersamaan dengan itu ada 75 wartawan ASEAN yang hadir di Bengkulu," ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Tetap Konfederasi Wartawan ASEAN Akhmad Kusaeni mengatakan seiring dengan peresmian pusat pelatihan dan pendidikan wartawan ASEAN, akan diselenggarakan "workshop" di Palembang bagi wartawan ASEAN dengan tema "Bringing ASEAN Closer to Hearts and Minds of The People," pada 10 hingga 12 Februari 2014.

"Peluncuran Pusat Pelatihan Wartawan ASEAN di Palembang merupakan implementasi dari rekomendasi Sidang Umum Konfederasi Wartawan ASEAN di Manila pada 21 November hingga 23 November 2013," ujarnya.

Konfederasi Wartawan ASEAN sendiri didirikan pada 1979 dengan tiga tujuan utama, yaitu mendorong kemajuan pers melalui mempromosikan pers yang bebas dan bertanggung jawab serta mendekatkan wartawan dari negara anggota ASEAN.

Tujuan lainnya adalah mempromosikan saling pemahaman antarnegara anggota ASEAN untuk menciptakan kerja sama yang menghasilkan kesejahteraan, keadilan sosial dan perdamaian.

Selain itu, juga dengan adanya organisasi tersebut dapat menyuarakan aspirasi ASEAN dan kepentingan negara-negara anggota organisasi kawasan itu ditingkat global.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Senin siang menerima pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang melaporkan persiapan peringatan Hari Pers Nasional 2014.

Peringatan HPN 2014 tingkat nasional akan berlangsung di Bengkulu. Presiden Yudhoyono akan menghadiri puncak peringatan tersebut sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Mendampingi Ketua Umum PWI, antara lain Anggota Dewan Pers Ninok Leksono, Ketua Dewan Penasihat PWI Tarman Azzam, anggota Dewan Kehormatan PWI Ishadi SK, anggota dewan kehormatan PWI Pusat, Ketua Dewan kehormatan PWI pusat Ilham Bintang, Sabam Siagian, Sekretariat Tetap Konfederasi Jurnalis ASEAN Akhmad Kusaeni, Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah dan sejumlah tokoh lainnya.

Sementara Presiden Yudhoyono didampingi oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Menkominfo Tifatul Sembiring.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014