Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI Sofia, Bulgaria, didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menyelenggarakan kegiatan “Famtrip” (Familiarization trip) untuk agen wisata Bulgaria ke Bali dan Labuan Bajo pada 11-18 Juni 2024.

Menurut keterangan tertulis KBRI Sofia yang diterima di Jakarta, Jumat, kegiatan itu selain bertujuan untuk menghubungkan para peserta dengan vendor wisata lokal, juga untuk memberikan pengalaman personal yang akan memudahkan peserta dalam memasarkan tujuan wisata Indonesia.

Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta menyebutkan adanya tantangan mengenai biaya tiket pesawat dari Bulgaria ke Indonesia yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan tujuan wisata favorit di Eropa atau Afrika.

Menurutnya, hal tersebut dapat diimbangi dengan biaya akomodasi, tiket masuk wisata dan konsumsi yang lebih terjangkau dibandingkan tujuan wisata di Eropa atau Afrika.

“Selain itu, jarak Bulgaria – Indonesia yang jauh sebaiknya disikapi dengan paket wisata island hoping beberapa pulau di Indonesia maupun beberapa negara tetangga untuk sekaligus mendorong pilar turisme di Masyarakat Ekonomi ASEAN,” kata Iwan.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi kepada Iwan dan seluruh tim KBRI Sofia sebagai salah satu perwakilan RI yang sangat aktif mempromosikan pariwisata RI yang sejalan dengan program pemerintah RI.

Salah satu peserta famtrip dari Ultra Travel, Petya Yosifova, menyampaikan bahwa kunjungan tersebut sangat bermanfaat baginya dalam merencanakan perjalanan yang disesuaikan dengan keinginan pelanggannya.

Peserta famtrip itu juga menjadi buyers dalam Beyond Bali Travel Fair di Nusa Dua, Bali pada 12-14 Juni 2024. Partisipasi tersebut sangat dihargai oleh peserta karena mereka dapat memperluas jejaring dengan vendor lokal.

Labuan Bajo menjadi pilihan tujuan famtrip karena merupakan salah satu super destinasi wisata, sementara Bali yang telah memiliki reputasi internasional dapat menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan Bulgaria ke Indonesia.

Pihak KBRI menilai bahwa proyeksi wisatawan Bulgaria ke Indonesia sangat positif. Di tahun 2023, jumlah kunjungan wisatawan Bulgaria ke Indonesia mengalami kenaikan sebesar 318,58 persen dibandingkan dengan tahun 2022.

Baca juga: Perusahaan Bulgaria, Indonesia tandatangani MoU dagang dan investasi
Baca juga: SMM bawa keindahan Indonesia dalam kain ramah lingkungan ke Bulgaria
Baca juga: KBRI Sofia selenggarakan acara seni budaya Indonesia "Harmonature"


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024