Bengkulu (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu mengungkapkan, daerah tersebut dinilai Kepolisian RI sebagai salah satu kota teraman se-Indonesia.

"Sudah satu tahun terakhir Bengkulu menyandang gelar kota teraman, karena tingkat kriminalitas kecil sekali," kata Kapolresta Kota Bengkulu AKBP Iksantyo Bagus Pramono, di Bengkulu, Kamis.

"Ini semua tercipta atas kerja sama semua unsur, baik program dari unsur pimpinan daerah yang proaktif terhadap keamanan bagi masyarakatnya, maupun masyarakat kita yang sudah lebih sadar hukum," kata dia.

Turunnya tingkat kriminalitas di daerah itu juga tidak lepas dari program pemerintah setempat di bidang keamanan masyarakat dengan nama "Bengkulu-Ku Aman" yang diluncurkan pada 28 Mei 2013.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan program "Bengkulu-Ku Aman" diluncurkan demi menanggapi kebutuhan masyarakat akan rasa aman.

Dia mengatakan pemerintah setempat mengaktifkan sebanyak 500 Poskamling di 67 kelurahan di Kota Bengkulu.

"Kegiatan Bengkulu-Ku Aman ini dalam rangka menghidupkan kembali sensitifitas masyarakat akan keamanan lingkungan, kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif menggiatkan siskamling mulai dari tingkat RT," kata dia.

Untuk memberikan dorongan semangat, Wali Kota Bengkulu itu mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada RT dengan Siskamling terbaik dan teraktif.

"Kami adakan lomba, siskamling mana yang paling aktif dan paling semarak maka kita beri reward," ujarnya.


Pewarta: Boyke LW
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014