Kita siapkan pengamanan, baik vihara yang besar maupun yang kecil...
Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya menyiagakan sebanyak 2.400 personel untuk mengamankan 295 vihara di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya selama perayaan tahun baru Imlek Jumat (31/1).

"Kita siapkan pengamanan, baik vihara yang besar maupun yang kecil, yang pengunjungnya cuma 30 orang. Semuanya tetap kita amankan," kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Sudjarno usai Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2014 di Kawasan Silang Monas, Jakarta, Kamis.

Sudjarno mengatakan pola pengamanannya sama seperti pola pengamanan gereja ketika perayaan Natal Desember 2013 lalu.

"Pola pengamannnya sama ketika Natal, Kapolsek, Kapolres, anggota Babinkamtibmas menyambangi semua vihara untuk kegiatan besok, pemeriksaan metal detector (alat pendeteksi logam) dan strerilisasi juga dilakukan," katanya.

Dia mengatakan personel disiagakan bukan hanya untuk mengamankan vihara, tetapi juga kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan perayaan warga etnik Tionghoa itu, seperti pembagian sembako dan angpao.

"Biasanya ini kan berebutan, kita koordinasi juga dengan pihak klenteng atau vihara, semuanya intensif," katanya.

Dia mengatakan pengamanan imlek tersebut sudah dimulai hari ini hingga pada hari perayaannya, besok.

"Pembagian sembako itu biasanya mulai pukul 14.00 siang," katanya.

Sudjanto juga mengimbau kepada masyarakat atau warga yang merayakan Imlek untuk tertib dalam beribadah maupun pembagian sembako dan angpao.

"Sebetulnya sudah cukup sembako yang disediakan oleh pihak vihara, tapi warga berebut dan tidak kebagian," katanya.

Terkait ancaman teror, dia mengatakan kasus peledakan bom di Vihara Ekayana, Kebon Jeruk pada Minggu, 4 Agustus 2013 lalu menjadi salah satu rujukan.

"Salah satu menjadi rujukan kita di Vihara Ekayana, supaya pengalaman itu tidak terjadi lagi, yang menjadi atensi kita, cctv-nya bisa beroperasi secara maksimal, kemudian Pamdal. Paling tidak kita mengecek yang keluar masuk ibadah," katanya.

Sebelumnya, ditemukannya sejumlah barang bukti, yang salah satunya daftar target vihara yang akan diledakan oleh kelompok teroris Abu Roban saat peggerebekan pada malam Tahun Baru 2014 di Kampung Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan.

Dalam daftar itu, terdapat sekitar 50 vihara yang menjadi target peledakan kelompok teroris yang terlibat dalam sejumlah aksi perampokan itu.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014