Saya telah meminta pendapat kepada Robin mengenai kesiapannya untuk turun bertanding melawan (Stoke City). Segala sesuatunya telah saya usahakan dengan sekuat tenaga dan pikiran.
Stoke-On-Trent (ANTARA News) - Kubu Manchester United kali ini berbondong-bondong boleh mengetuk pintu gerbang kemenangan yang dijaga dengan setia sepenuh hati oleh Dewi Fortuna di tahta Liga Inggris (Premier League).

Pasukan berjuluk Iblis Merah itu tampil makin percaya diri karena mereka menggenggam beberapa hal "yang mencerahkan" ketika meniti buih kesulitan demi kesulitan dengan bekerja bermodal hati bening naluri tajam, bukan justru menadahkan tangan terulur mengemis minta belas kasihan.

Pasukan asuhan David Moyes kali ini bertamu ke Britannia Stadium, markas Stoke City dalam adu jotos di laga sepak bola pekan ke-24 Premier League, pada Sabtu waktu setempat, pukul 22.00 WIB. Pertandingan itu dapat disaksikan oleh pecinta dan penggemar Premier League di Tanah Air karena ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar.

Tidak ingin cepat-cepat mendapat hasil instan dengan menempuh langkah gampangan, skuad Manchester United terus mengasah diri dengan menyiapkan dua predator, masing-masing Robin Van Persie dan Wayne Rooney.

Kedua punggawa itu baru saja pulih dari cedera, dan kini kieduanya siap memberi penampilan yang mencerahkan bagi timnya, utamanya ketika menghadapi Stoke City.

Moyes rupanya bukan sosok pemimpin yang suka serta merta bereaksi dan berkomentar di media sosial, suka pencitraan diri, suka mendapat tepuk tangan di mimbar publik. Pengganti manajer Alex Ferguson ini terus berikhtiar dengan dipandu oleh keyakinan bahwa selalu ada jalan terhormat tanpa mengiba-iba kepada penguasa atau pemilik klub.

Pelatih asal Skotlandia itu memboyong Juan Mata dari Chelsea. Kehadiran mantan gelandang serang Chelsea ini memberi aura positif bagi kubu Old Trafford. Senantiasa membentang senyum bagi mereka yang tiada henti menanamkan kepercayaan diri, bukan justru merendah-rendahkan diri di hadapan elit penguasa.

Mata hadir, bermain, dan langsung menggebrak. Ia mengambil peran sebagai salah satu aktor kemenangan United 2-0 atas Cardiff pada pertandingan Selasa (28/1). Dia menyumbangkan assist untuk gol yang dilesakkan oleh Ashley Young. Ini artinya, kemenangan dirintis dari memberi lebih dulu bukan meminta terus kepada mereka yang berdompet tambun.

Perjalanan ke markas Stoke City jelas membawa tantangan tersendiri bagi Rooney dan kaukanwan-kawan. Mereka hendak menuai hasil positif melawan pasukan asuhan pelatih Mark Hughes.

Kembalinya duo jagoan kubu United, Van Persie dan Rooney justru menaikkan rapor Moyes sebagai sosok pelatih yang tahu persis di mana ia sedang berpijak. Sebagai pemimpin, ia mengambil keputusan dengan membeli Mata. Dan hasilnya? Oke! Inilah aura pemimpin yang memahami dan menjiwai profesionalisme jabatan.

Dengan gol yang dicetak ketika melawan Cardiff, dan lima gol yang dilesakkan dalam enam penampilan selama ajang Premier League, pemain asal Belanda itu digadang-gadang bakal mencetak gol ke gawang Stoke City.

Moyes tahu persis makna sejarah. Perjalanan sejarah klub bukan onggokan tanggal dan peristiwa. Sejarah di mata Moyes bukan pajangan di museum kejayaan masa lampau klub. Sejarah memotivasi, sejarah memantik inspirasi.

Dari 11 pertemuan terakhir melawan "The Potters", Manchester United tidak pernah menelan kekalahan, bahkan memetik 10 kemenangan.

Hanya saja, Stoke City bukan lawan kacangan, terlebih ketika mereka bertanding di kandang. Sebelum kalah saat menantang Liverpool (12/1), Peter Crouch dan kawan-kawan mampu menimba air mata sukacita sejarah dengan mencatatkan raihan tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan di Britannia Stadium.

Skuad asuhan Mark Hughes sedang mencermati sejarah laga kali lalu melawan Manchester United. Mereka kalah 2-3 dari Manchester United dalam pertandingan pertama yang dihelat di Old Trafford pada 26 Oktober lalu.

Komentar dua pelatih:

Mark Hughes (Stoke City):
"Kami menghadapi laga besar menghadapi Manchester United pada pekan ini. Saya tidak bakal tinggal diam begitu saja, saya akan berusaha sekuat tenaga."

"Jika para pemain mampu memberi perlawanan sengit ketika menghadapi Sunderland, maka saya berharap kami tidak bakal menemui kesulitan berarti melawan mereka."

David Moyes (Manchester United):
"Saya telah meminta pendapat kepada Robin mengenai kesiapannya untuk turun bertanding melawan (Stoke City). Segala sesuatunya telah saya usahakan dengan sekuat tenaga dan pikiran. Saya berharap Robin dapat turun bertanding. Ia pemain yang berperan begitu penting bagi kami. Saya ingin tahu kondisinya."

"Malam kali lalu, ketika (melawan Cardiff), kami bertanding baik, dan kami menang karena saya menurunkan Robin van Persie. Ia sosok yang mampu mencetak gol. Ia pemain yang mampu membawa perubahan bagi penampilan tim."

"Fellaini telah kembali berlatih. Saya besar kemungkinan akan menurunka dia ketika melawan Stoke. Cedera telah membuat dia lebih berkesempatan untuk sejenak beristirahat agar penampilannya makin matang bersama tim."

Anatomi kedua tim:

* Manchester United belum pernah kalah dalam pertandingan terakhir mereka melawan Stoke, bahkan skuad Iblis Merah mampu meraih seluruh kemenangan dari pertemuan kedua tim.
* The Potters menang 2-1 melawan The Red Devils dalam laga kandang di ajang Boxing Daya pada 1984.
* Stoke mengalahkan United 2-1 dalam Piala Liga pada 22 September 1993, kemudian United membalas di leg kedua di Old Trafford dengan skor 2-0. United akhirnya menang agregat 3-2.
* Stoke menelan lima kali kekalahan dari enam laga terakhir di ajang liga Inggris.
* Manchester United memenangi enam pertandingan dari delapan laga yang mereka lakoni. Kini mereka tertinggal dalam perolehan poin oleh Tottenham dan Chelsea.

Prakiraan susunan pemain:
Stoke City (4-2-3-1):
Begovic (penjaga gawang), Pieters, Shawcross, Wilson, Cameron, Arnautic, Palacios, Whelan, Crouch, Adam, Walters.
Pemain cadangan:
Butland, Muniesa, Ireland, Guidetti, Assaidi, Shotton, Odemwingle

Manchester United (4-2-3-1):
De Gea (penjaga gawang), Rafael, Evans, Smalling, Evra, Cleverley, Jones, Mata, Rooney, Januzaj, Van Persie
Pemain cadangan:
Lindegaard, Buttner, Giggs, Hernandez, Kagawa, Valencia, Welbeck, Fletcher

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Stoke City imbang dengan Manchester United (87,5 persen)
* Stoke City 0-3 Manchester United (22,96 persen)
* Stoke City 1-3 Manchester United (17,48 persen)
* Stoke City 0-2 Manchester United (14,7 persen)

Head to Head
England - Capital One Cup (League Cup) ?(CCUP)
18 Dec 2013     Stoke City 0 - Manchester United 2     

England - Premier League (EPL)
26 Oct 2013     Manchester United 3 - Stoke City 2     
14 Apr 2013     Stoke City 0 - Manchester United 2     
20 Oct 2012     Manchester United 4 - Stoke City 2     
31 Jan 2012     Manchester United 2 - Stoke City 0     
 
Lima laga terakhir:

Stoke City
29 Jan 2014    Sunderland 1 - Stoke City 0    EPL
26 Jan 2014    Chelsea FC 1 - Stoke City 0    FA
18 Jan 2014    Crystal Palace 1 - Stoke City 0    EPL
12 Jan 2014    Stoke City 3 - Liverpool 5    EPL
4 Jan 2014    Stoke City 2 - Leicester City 1    FA

Manchester United
28 Jan 2014    Manchester United 2 - Cardiff 0    EPL
22 Jan 2014    Manchester United 2 - Sunderland 1    CCUP
19 Jan 2014    Chelsea FC 3 - Manchester United 1    EPL
11 Jan 2014    Manchester United 2 - Swansea City 0    EPL
7 Jan 2014    Sunderland 2 - Manchester United 1    CCUP

Narasi atas prediksi:
* Mark Hughes sebagai mantan pemain Manchester United yang pernah mengenyam didikan Alex Ferguson, tahu dan paham filosofi dasar gaya permainan skuad Iblis Merah.
* Bermodal semangat pantang menyerah dalam setiap pertandingan, Hughes menghadapi United dengan penuh kepercayaan diri menyusul kedatangan Juan Mata. Kedatangan mantan gelandang serang Chelsea itu bukan tidak mungkin justru memotivasi semangat Hughes.
* Manchester United sedang berada di atas angin menimang kemenangan demi kemenangan karena mereka kini meriah merayakan kedatangan dua anak hilang, Van Persie dan Rooney.
* Manchester United belum sepenuhnya membenahai dengan tuntas lini pertahanan dan lini gelandang. Hanya saja, apakah Stoke mampu memanfaatkan kelemahan lawannya ini untuk melancarkan serangan balik yang cepat dan menusuk ke jantung pertahanan Iblis Merah.

Prediksi hasil pertandingan menurut editor Antaranews.com:
Stoke City: 0
Manchester City: 2

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014