Jakarta (ANTARA News) - Mantan asisten manajer Manchester United, Carlos Queiroz, ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Afrika Selatan usai Piala Dunia 2014.

Quieroz sebelumnya pernah melatih Bafana Bafana, julukan tim nasional Afrika Selatan, periode 2000-2002. Ia juga pernah menjadi asisten Sir Alex Ferguson di Old Trafford kemudian pada 2011 ia menangani tim nasional Iran untuk lolos kualifikasi dan akan berlaga di Piala Dunia Brasil 2014.

Namun, Asosiasi Sepakbola Afrika Selatan (SAFA) mengatakan Quieroz baru akan menangani tim nasional pada bulan Juli tahun ini.

Sebenarnya SAFA menginginkan Queiroz segera menangani Afrika Selatan tapi pelatih 60 tahun tersebut sangat ingin menemani Iran di Piala Dunia.

"Carlos akan kembali lagi untuk melatih Bafana. Namun, kontraknya akan efektif dimulai pada Juli tahun ini karena pelatih menyatakan keinginannya untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan Iran," kata sumber dari Asosiasi Sepakbola Afrika Selatan dilansir dari laman Goal (2/2).

"Ingat, dia membawa Iran lolos ke Piala Dunia di Brasil dan karena itu masuk akal jika dia bergabung dengan kami setelahnya," katanya.

"Gordon Igesund (pelatih Afrika Selatan saat ini) tidak dipecat tapi kontraknya akan habis," katanya.

Igesund yang melatih tim nasional Afrika Selatan di Piala Afrika 2013 kontaknya akan berakhir pada bulan Juni mendatang.

Sebelumnya Queiroz melatih Afrika Selatan di Piala Dunia 2002 namun ia mengundurkan diri sebelum turnamen karena berbeda pendapat dengan SAFA. 

Carlos Queiroz pernah melatih Real Madrid di musim 2003-04 dan dua kali melatih tim nasional Portugal.

Pada Piala Dunia 2014 ia akan menemani tim nasional Iran di Grup F melawan Argentina, Nigeria dan Bosnia Herzegovina.

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014