Produksi sampah plastik Indonesia 5,4 juta ton per tahun

Produksi sampah plastik Indonesia 5,4 juta ton per tahun

Warga memilah sampah plastik di tumpukan sampah yang menyumbat pintu air Manggarai, Jakarta, Jumat (19/10). Menumpuknya ribuan sampah di pintu air itu menjadi salah satu penyebab banjir di Jakarta. (FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)

jumlah sampah plastik tersebut merupakan 14 persen dari total produksi sampah di Indonesia.
Jakarta (ANTARA News) - Produksi sampah plastik di Indonesia menduduki peringkat kedua penghasil sampah domestik yaitu sebesar 5,4 juta ton per tahun.

"Berdasarkan data statistik persampahan domestik Indonesia, jumlah sampah plastik tersebut merupakan 14 persen dari total produksi sampah di Indonesia," kata Ketua Umum "Indonesia Solid Waste Association" (InSWA), Sri Bebassari, di Jakarta, Selasa.

Sementara berdasarkan data dari Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jakarta, tumpukan sampah di wilayah DKI Jakarta mencapai lebih dari 6.000 ton per hari dan sekitar 13 persen dari jumlah tersebut berupa sampah plastik.

Dari seluruh sampah yang ada, 57 persen ditemukan di pantai berupa sampah plastik. Sebanyak 46 ribu sampah plastik mengapung di setiap mil persegi samudera bahkan kedalaman sampah plastik di Samudera Pasifik sudah mencapai hampir 100 meter.

Menurut Sri, langkah positif untuk pengurangan sampah melalui kampanye 3R yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur ulang).

Namun secara substansial, hasil yang didapat tidak sebanding dengan pertumbuhan penggunaan plastik yang terus meningkat dari hari ke hari.

"Yang harus dilakukan saat ini bukan memusuhi plastik, tapi menemukan formula yang tepat untuk mempercepat proses penguraian plastik agar bisa kembali ke alam," tambah dia.

Karenanya, salah satu ide bijak untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan plastik yang ramah lingkungan.

(D016)

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Babinkamtibmas bersama petugas kebersihan olah limbah menjadi rupiah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar