Jakarta (ANTARA) - Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie berharap performa para atlet Indonesia pada Olimpiade Paris 2024 akan lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.

Dia memaparkan dari segi jumlah, yakni total 29 atlet yang akan bertanding dalam Olimpiade Paris, adalah yang terbanyak yang dikirim Indonesia dalam dua dekade terakhir.

“Ini prestasi sendiri, dan banyak sekali juga kejutan. Bertambahnya nomor khusus, sepeda, gymnastic, judo, speed climbing, dan ada tanda-tanda, mohon doanya semoga ada perbaikan performa dari Olimpiade sebelumnya,” kata Anindya usai pelepasan keberangkatan Tim Indonesia menuju Olimpiade 2024, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Kendati kompetisi akan sangat sengit dan ketat, ujarnya, tetapi dengan semangat juang yang tinggi dia yakin para atlet dan pelatih Indonesia akan bisa memberikan yang terbaik bagi Tanah Air.

“Supaya syukur-syukur bisa membentangkan Merah Putih dan mendapat medali,” tutur dia.

Baca juga: Ketum KOI sebut atlet yang ikut Olimpiade adalah penjaga Merah Putih

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari memohon doa dari seluruh masyarakat agar kontingen Merah Putih bisa memberikan kejutan dari sisi perolehan medali.

Menurut dia, hampir seluruh cabang olahraga yang diikuti tim Indonesia adalah sangat potensial untuk perolehan medali.

“Karena untuk lolos ke kualifikasi di Olimpiade itu butuh proses yang panjang, dan kami percaya cabor-cabor unggulan, itu semuanya bisa diandalkan. Artinya kalau panahan cukup sulit biasanya, kini yang lolos perempuan. Dan kita punya sejarah Olimpiade punya medali itu dari panahan,” kata dia.

“Jadi insya Allah dengan doa dari masyarakat Indonesia ini bisa menjadi sejarah berulang, di samping cabor lain seperti surfing, angkat besi, badminton as always, dan speed track,” ujar Okto, menambahkan.

Baca juga: Menpora mengukuhkan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyampaikan bahwa Olimpiade Paris 2024 akan mempertandingkan 32 cabang olahraga dan diikuti oleh 182 negara.

Kontingen Indonesia berkekuatan 29 atlet yang terdiri atas 16 atlet putra dan 13 atlet putri, didampingi 20 pelatih, 9 ofisial, dan 28 anggota head quarter, dengan jumlah total kontingen keseluruhan 86 orang.

"Kontingen Indonesia yang dikirimkan pada Olimpiade ke-33 sebanyak 12 cabang olahraga yaitu bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, atletik, renang, selancar ombak, serta senam, balap sepeda, dayung, dan judo," ujar Dito.

Pada Olimpiade 2020 yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang, Indonesia finis di peringkat ke-55 dengan perolehan lima medali, terdiri atas satu emas, satu perak dan tiga perunggu.

Medali emas Indonesia dipersembahkan oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu dari cabang olahraga bulu tangkis.

Sementara medali lain juga dipersembahkan para atlet dari cabang olahraga angkat besi.

Baca juga: Presiden minta atlet Indonesia kibarkan Merah Putih di Olimpiade Paris

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024