Itu merupakan bentuk solidaritas dan kecintaan mereka kepada bangsanya."
London (ANTARA News) - Masyarakat Indonesia di Yunani yang tergabung dalam organisasi "Asteri Production" menyelenggarakan pertunjukan seni dan film di Theater Knossos, Athena, untuk menggalang dana guna membantu para korban musibah meletusnya Gunung Kelud.

"Itu merupakan bentuk solidaritas dan kecintaan mereka kepada bangsanya," kata Sekretaris Satu Pensosbud KBRI AThena John Admiral kepada Antara London, Selasa.

Ia mengatakan pertunjukkan yang didukung KBRI Athena tersebut memukau lebih dari 100 penonton yang terdiri dari Dubes RI beserta seluruh staf KBRI Athena, masyarakat Indonesia dan masyarakat Yunani.

Asteri Production adalah suatu organisasi yang bertujuan mengembangkan bakat dan kreativitas masyarakat Indonesia dalam pembuatan film, fashion design, event organizer dan video klip.

Personel Asteri Production adalah para WNI yang bekerja di Yunani yang mayoritas adalah penata laksana rumah tangga. Mereka memanfaatkan waktu liburnya untuk berkreasi membuat film, fashion design dan seni dengan proses belajar secara autodidak.

Ketua Asteri Production, Suci Anggraeni, mengatakan pertunjukan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati satu tahun berdirinya Asteri Production dengan menampilkan tarian tradisional Indonesia, fashion show batik dan busana Muslim, serta film.

Para personel Asteri Production dengan keterbatasan yang dimiliki mampu membawakan tarian tradisional Indonesia dengan sangat baik dan lengkap dengan pernak pernik busananya.

Begitu pula dengan peragaan busana batik dan busana Muslim yang dirancang dan dijahit oleh personel Asteri Production dengan desain yang bagus dan menarik. Salah satu film yang ditayangkan adalah film dokumenter bertemakan perjuangan Diaspora Indonesia di Yunani.

Dengan terjadinya krisis ekonomi di Yunani mengakibatkan banyak WNI yang 90 persen bekerja sebagai penata laksana rumah tangga harus kehilangan pekerjaan atau pengurangan gaji sehingga banyak WNI yang harus kembali ke Indonesia.

Film tersebut mengisahkan perjuangan sukses seorang WNI yang harus kreatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan agar bisa bertahan hidup di Yunani dengan memproduksi tempe di rumah dan memasarkannya tidak hanya kepada masyarakat Indonesia.

"Asteri Production memiliki potensi untuk berkembang menjadi suatu production house yang profesional di Yunani. KBRI terbuka untuk bekerja sama dan akan selalu mendukung program kegiatan Asteri Production, khususnya yang berkaitan dengan program promosi sosial budaya Indonesia," ujar John Admiral.

Selain itu, Paniita Pemilihan Luar Negeri KBRI Athena juga melaksanakan registrasi pemilih WNI di Yunani untuk metode pemungutan suara lewat pos atau TPSLN dalam Pemilu 2014. Saat ini WNI yang terdaftar pada KBRI Athena berjumlah sekitar 1.000 orang.  (ZG/E011)

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014