Pemimpin itu sebaiknya adalah orang yang selesai dengan dirinya. Setelah itu ia akan siap untuk memimpin bangsa.
Jakarta (ANTARA News) - Panglima TNI 2007-2010, Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso, meluncurkan buku terbarunya, soal kepemimpinan nasional dan cita-cita Indonesia di masa yang akan datang.

"Berdasarkan semangat dan pengalaman saya sebagai prajurit, saya mencurahkan pengalaman saya melalui buku yang hari ini diluncurkan," katanya saat acara peluncuran buku, di Jakarta, Rabu.

Dalam buku yang berjudul "Menggagas Indonesia Masa Depan" ini Djoko Santoso memaparkan pemikiran bahwa seorang pemimpin bangsa harus memiliki ketegasan dalam aturan main yang sudah ditentukan konstitusi.

Menurutnya, seorang pemimpin juga harus mempunyai komitmen untuk menciptakan keadilan, kesejahteraan dan keamanan bagi seluruh rakyat yang dipimpinnya. Kemudian, pemimpin harus melaksanakan apa yang sudah diamanatkan konstitusi tersebut secara tegas dan konsisten.

"Pemimpin itu sebaiknya adalah orang yang selesai dengan dirinya. Setelah itu ia akan siap untuk memimpin bangsa," ujarnya.

Melalui buku ini, Djoko berharap dapat memberikan dorongan bagi lahirnya pemikiran dan paradigma baru tentang kepemimpinan nasional di masa mendatang.

Dengan demikian, lanjut ia, pada nantinya akan muncul seorang pemimpin yang sanggup membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar, mandiri dan berdikari.

Sebagai tambahan, Djoko berpendapat bahwa bangsa Indonesia ke depan harus dipimpin oleh seorang figur yang berkapasitas dan berkompetensi tinggi serta didukung oleh rekam jejak kepemimpinannya yang jelas.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014