Karena daerah sentra penghasil sayur-sayuran terdampak erupsi, harga sayur mayur di pasaran jadi mahal...
Malang (ANTARA News) - Sekitar 260.000 pohon berbagai jenis buah-buahan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, rusak terkena abu vulkanik erupsi Gunung Kelud, sehingga masyarakat mengalami kerugian mencapai puluhan miliar rupiah.

Bupati Malang Rendra Kresna, Kamis mengakui guyuran abu vulkanik Gunung Kelud mulai Kamis (13/2) malam itu telah meluluhlantakkan tanaman buah milik warga di Kecamatan Pujon, Ngantang dan Kasembon.

"Data sementara yang masuk saat ini sedikitnya 260.000 pohon berbagai jenis buah-buahan itu mati, bahkan kering kerontang dan otomatis tidak bisa dipanen. Padahal, pohon apel sudah memasuki musim panen," kata Rendra Kresna yang sejak pagi sudah berada di lokasi posko pengungsian warga di Kecamatan Pujon.

Selain pohon apel, sejumlah pohon buah-buahan lainnya, seperti kelengkeng, durian, alpukat, rambutan, nangka, termasuk tanaman stroberi yang ada di tiga kecamatan terdampak erupsi Gunung Kelud tersebut juga rusak parah dan tidak bisa dipanen sama sekali.

Nominal kerugian sementara akibat gagal panen buah-buahan tersebut sekitar Rp24,5 miliar. Padahal, komoditas buah-buahan tersebut menjadi salah satu penopang utama perekeonomian dan penghasilan warga di tiga kecamatan terdampak erupsi itu.

Menurut Rendra, luasan lahan, jumlah pohon buah-buahan yang rusak maupun nominal kerugian tersebut masih bisa bertambah karena saat ini data dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang serta laporan dari warga terus diperbarui.

Kecamatan Ngantang merupakan penghasil buah durian dan alpukat yang cukup besar di Kabupaten Malang, sedangkan Kecamatan Kasembon merupakan penghasil buah rambutan, nangka dan kelengkeng. Sementara Kecamatan Pujon adalah penghasil buah stroberi dan apel.

Selain lahan buah-buahan yang menjadi korban erupsi, lahan pertanian padi dan sayur-sayuran yang luasnya mencapai belasan ribu hektare di tiga kecamatan itu juga rusak dan dipastikan gagal panen. "Karena daerah sentra penghasil sayur-sayuran terdampak erupsi, harga sayur mayur di pasaran jadi mahal, bahkan jarang bisa ditemui di pasaran," ujar Rendra.

Akibat erupsi dan lahar dingin Gunung Kelud, tiga kecamatan di Kabuapten Malang, yakni Kecamatan Ngantang, Kasembon dan Pujon luluh lantak. Namun, dari wilayah terdampak erupsi tersebut, termasuk Blitar dan Kediri, yang paling parah adalah Kecamatan Ngantang.

Selain sektor pertanian yang hancur, infrastruktur jalan dan jembatan, ribuan rumah warga dan puluhan fasilitas umum serta sarana pendidikan juga banyak yang rusak parah.

"Mudah-mudahan kondisi ini segera pulih, infrastruktur, sektor pertanian sebagai penopang perekonomian warga, rumah-rumah penduduk dan sarana pendidikan yang rusak juga segera kami perbaiki. Kami berharap semua pihak, baik masyarakat, TNI-Polri, relawan maupun petugas bisa bahu membahu membangun kembali wilayah yang terkena dampak erupsi," kata Rendra.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014