Kita membutuhkan dukungan inovasi."
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Inggris menargetkan untuk mengurangi emisi gas karbondioksida (CO2) sebanyak 80 persen pada 2050.

"Pemerintah Inggris pada 2008 setuju untuk mengurangi emisi gas karbon 80 persen pada 2050 dan kami akan menguranginya tahun per tahun," ujar Sekretaris Utusan Khusus Luar Negeri Inggris untuk Perubahan Iklim, David Antoni King, di Jakarta, Kamis.

Ketua Dewan Ilmu Pengetahuan untuk Perdana Menteri Inggris pada 2000 hingga 2007, Tony Blair dan Gordon Brown, itu mengungkapkan bahwa untuk mencapai target tersebut Pemerintah Inggris memiliki rincian kebijakan energi yang memanfaatkan temuan teknologi.

Salah satunya, menurut dia, Pemerintah Inggris membangun sektor manufaktur yang mendukung kegiatan pelestarian lingkungan hidup dengan memanfaatkan kecerdasan atau "Smart Green Advanced".

"Kita membutuhkan dukungan inovasi," katanya pengajar di sejumlah universitas Inggris, antara lain di Oxford, Cambridge, Liverpool dan East Anglia itu.

Selain itu, King juga menyebutkan sejumlah tantangan yang dihadapi pada abad ke 21, yakni ketersediaan mineral, perubahan iklim, ekosistem, kesehatan dan pembangunan, pasokan energi dan keamanan energi, sumber daya air, produksi makanan maupun konflik dan terorisme. (*)

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014