Semarang (ANTARA News) - Juara dunia kelas ringan (61,2 kilogram) IBO Daud Yordan menjalani latihan di Sasana Herrys Gym di Perth, Australia, sebagai persiapan menghadapi pertarungan perebutan gelar pada 2 April mendatang.

"Saya latihan di sana satu bulan lebih hingga pertarungan mendatang di bawah bimbingan Craig Christian (pelatih Chris John saat masih aktif menjadi petinju)," kata petinju dengan rekor bertarung 32 kali menang (23 di antaranya dengan KO) dan tiga kali kalah ketika dihubungi dari Semarang, Jumat.

Daud Yordan bertolak ke Australia melalui Jakarta Jumat sore. "Saya berangkat dari Kalimantan Barat pagi dan kemudian sore harinya langsung terbang ke Australia," katanya menegaskan.

Menurut petinju yang merebut gelar juara dunia kelas ringan IBO setelah mengalahkan petinju Argentina Daniel Eduardo Brizuela tersebut, latihan di Australia untuk memantapkan latihan yang selama ini dijalani di sini (Sasana Kayong Utara Kalimantan Barat).

Ia menambahkan, sampai kini dirinya belum tahu siapa yang akan menjadi lawannya untuk pertarungan di Perth, Australia mendatang. "Nanti kalau saya sudah sampai sana, baru bisa mengetahui lawan saya," katanya.

Pertarungan di Metro City, Perth, Australia Barat, Australia, mendatang merupakan yang kedua bagi Daud Yordan dalam rangka mempertahankan gelarnya. Yang pertama adalah saat mengalahkan petinju Afrika Selatan Sipho Taliwe di Australia, Desember 2013.

Menurut dia, dirinya berharap bisa membawa pulang gelar juara dunia ke Tanah Air. "Siapa pun lawan, saya berharap bisa membawa pulang kembali sabuk gelar juara dunia ke Indonesia," katanya.

Selain Daud Yordan, petinju Sasana Sindoro Semarang Rasmanudin juga menjalani latihan di Australia untuk persiapan pertarungan perebutan gelar juara IBO Asia Pasifik melawan petinju China.

Rasmanudin yang menjadi juara nasional kelas bantam super (55,3 kilogram) berangkat bersama-sama Daud Yordan dan Joy Ricardo (manajemen).

Pelatih Rasmanudin, Budi Wizon yang dihubungi secara terpisah mengatakan, latihan di sana dilaksanakan sampai pertarungan mendatang. "Tiket untuk Rasmanudin berangkat Jumat ini dan pulang 3 April mendatang," katanya.

Pertarungan yang dijalani Rasmanudin akan menjadi salah satu partai tambahan pertarungan utama Daud Yordan. Petinju Sasana Sindoro Semarang ini sudah dua kali menjadi salah satu partai tambahan Chris John dan Daud Yordan.

Pertama pada pertarungan di Australia pada 6 Juli 2013 saat itu Rasmanudin kalah dari petinju tuan rumah Jason Cooper kemudian yang kedua pada saat menang melawan petinju Filipina Roberto Lario juga di Australia, 6 Desember 2013.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014