Pesepakbola membutuhkan energi sebanyak satu setengah kali dari ukuran orang dewasa untuk menunjang penampilan terbaik,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi X DPR RI Anton Sukartono Suratto mengingatkan pemerintah dan pelatih agar memperhatikan asupan gizi skuad tim nasional (Timnas) U-19 demi menunjang penampilan mereka di lapangan.

"Pesepakbola membutuhkan energi sebanyak satu setengah kali dari ukuran orang dewasa untuk menunjang penampilan terbaik," kata Anton melalui keterangan tertulisnya di Jakarta Sabtu.

Anton mengatakan, sepak bola termasuk kategori cabang olahraga berat sehingga pemainnya harus mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Selain soal gizi, pemerintah harus memperhatikan kebutuhan honorarium pasukan "Garuda Muda" agar tidak terjadi keterlambatan.

"Namun diingatkan kepada pasukan Timnas U-19 agar jangan lupa diri agar tidak terjadi kemerosotan prestasi," ujar Anton.

Anton mengingatkan Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri agar tidak membongkar pasang komposisi pemain karena sudah terbukti menunjukkan kualitas dengan meraih prestasi.

Lebih lanjut, kader Partai Demokrat itu menyatakan masyarakat Indonesia harus memberikan apresiasi terhadap Timnas U-19 karena mampu meraih juara Piala AFF 2013.

Anton juga berharap seluruh masyarakat Indonesia mendukung para punggawa Garuda Muda pada Piala AFC 2014 yang akan berlangsung di Myanmar pada 5 -- 22 Oktober 2014.(*)

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014