Terdapat dua penyebab rupiah terus menguat salah satunya karena kinerja ekspor Indonesia meningkat,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi VI DPR RI Linda Megawati menyatakan peningkatan kegiatan ekspor di Indonesia berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah yang menguat.

"Terdapat dua penyebab rupiah terus menguat salah satunya karena kinerja ekspor Indonesia meningkat," kata politisi Partai Demokrat itu melalui keterangan tertulis di Jakarta Sabtu.

Linda menyebutkan kegiatan impor yang menurun juga memiliki efek positif terhadap nilai tukar rupiah.

Anggota FPD DPR itu berharap gejala positif terhadap nilai tukar rupiah tersebut dapat dijaga dengan meningkatkan kegiatan ekspor dan menekan aktivitas impor.

"Diharapkan neraca berjalan kita bisa surplus atau positif, tapi saya yakin penguatan Rupiah akan berlanjut," ujar Linda.

Lebih lanjut, Linda menuturkan penguatan rupiah dipengaruhi kebutuhan pihak swasta terhadap dolar mulai berkurang karena jatuh tempo pembayaran utang luar negeri pada saat ini sudah sangat kecil dibandingkan akhir 2013.

Selain itu, pihak Bank Indonesia tidak menaikkan suku bunga dan kondisi inflasi membaik.

Seperti diberitakan sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS menguat pada kisaran Rp11.785 per dolar pada beberapa hari terakhir.

Analis Pasar Modal dari PT Trust Securities, Reza Priyambada mengungkapkan pergerakan nilai tukar rupiah berdasarkan kurs tengah BI tercatat mengalami kenaikan.

Reza menambahkan neraca pembayaran Indonesia membaik bahkan surplus setelah beberapa triwulan sebelumnya mencatatkan defisit sehingga memberikan sentimen positif terhadap nilai tukar rupiah.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014