New York (ANTARA News) - Indeks S&P 500 berada di wilayah rekor pada awal perdagangan Senin, karena saham-saham di Wall Street naik menjelang pekan yang sibuk dengan data ekonomi dan laporan laba sektor ritel.

Dalam 30 menit pertama perdagangan, S&P 500 melesat 14,25 poin (0,78 persen) lebih tinggi menjadi 1.850,50, melewati rekor penutupan tertinggi selama ini 1.848,36 yang dibukukan Januari, lapor AFP.

Indeks Dow Jones Industrial Average menguat 129,42 poin (0,80 persen) menjadi 16.232,72, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq melompat 31,02 poin (0,73 persen) menjadi 4.294,43.

Kalender pada Senin sepi, tapi beberapa hari ke depan akan melihat beberapa data utama, termasuk indeks kepercayaan konsumen AS dari Conference Board dan perkiraan kedua pertumbuhan ekonomi kuartal keempat.

Dalam berita laba perusahaan, beberapa pengecer terkemuka pada pekan ini akan melaporkan hasilnya, termasuk Home Depot, Macy dan Best Buy.

Aktivis investor Carl Icahn membidik eBay, mendorong perusahaan melakukan spin-off (pemisahan perusahaan) dari unit PayPal dan mengganti direksi untuk menghindari konflik kepentingan. Saham perusahaan melonjak 3,1 persen.

Kisah atas Mens Wearhouse dan Jos. A. Bank Clothiers membuka bab baru ketika Mens Wearhouse menaikkan tawaran untuk Jos A. Bank dari 57,50 dolar AS menjadi 63,50 dolar AS per saham jika Jos A. Bank mengakhiri akuisisi yang diusulkan Eddie Bauer.

Kedua perusahaan telah bermanuver sejak Mens Wearhouse ditolak Jos. A. Bank penawaran musim sebelumnya. Mens Wearhouse melonjak 7,2 persen sementara Jos A. Bank meningkat 8,5 persen.

Netflix 0,2 persen lebih tinggi setelah sepakat untuk membayar lebih besar kepada Comcast guna memastikan layanan video-streaming-nya berjalan lebih lancar melalui jaringan Comcast. Ketentuan-ketentuan keuangannya tidak diungkapkan. Saham Comcast naik 1,4 persen.

BlackBerry melonjak 5,9 persen setelah mengumumkan bahwa program "messaging mobile" akan tersedia pada Windows Phone dan pelanggan Nokia X.

Asuransi kesehatan Humana terangkat ketika program Medicare Advantage pemerintah untuk manula mengumumkan pemotongan yang lebih rendah dari perkiraan untuk pembayaran kepada perusahaan asuransi. Saham Humana melonjak 7,5 persen.

Harga obligasi bervariasi. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS berjangka 10-tahun stabil di 2,73 persen, sedangkan pada obligasi 30-tahun merosot menjadi 3,69 persen dari 3,70 persen pada Jumat. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak terbalik.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014