"Alpukat Moncok Mentaram"unggulan Mataram

"Alpukat Moncok Mentaram"unggulan Mataram

ilustrasi alpukat (FOTO ANTARA/Yusran Uccang)

Mataram, 24/2 (Antara) - Pemerintah Kota Mataram segera meluncurkan "Alpukat Moncok Mentaram" yang akan menjadi alpukat unggulan di daerah itu.

Plt Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian, Kelautaan dan Perikanan Kota Mataram, Fahrurrozi di Mataram mengatakan sertifikat pengesahan varietas unggulan Kota Mataram itu sudah diterima dari pemerintah pusat.

"Alpukat unggulan yang kita ajukan sudah disahkan dengan nama Alpukat Moncok Mentaram," katanya.

Dia mengatakan, kata Moncok merupakan nama salah satu Lingkungan di Kota Mataram yang merupakan lokasi induk dari alpukat tersebut, sedangkan Mentaram adalah sebutan nama Kota Mataram oleh penduduk asli Mataram.

Keunggulan dari alpukat varietas unggulan itu antara lain, memiliki kadar lemak tertinggi yakni mencapai 14,4 persen begitu juga dengan kadar gula tertinggi yakni 11 persen, sementara jenis alpukat lainnya di bawah standar itu yang berkisar sekitar enam hingga tujuh persen.

"Alpukat Moncok Mentaram ini juga bisa berbuah meski ditanam sendiri. Tidak seperti alpukat lainnya yang harus ditaman berpasang-pasangan," jelasnya.

Untuk mendukung memasyarakatkan keberadaan Alpukat Moncok Mentaram tersebut, saat ini pihaknya sedang melakukan pembibitan sebanyak 5.000 pohon di Lingkungan Rembiga, dimana sekarang dalam tahap penyambungan.

"Jika bibit sudah siap tanam, kita akan melakukan launching dengan membagikan bibit tersebut ke masyarakat di Kota Mataram," katanya.

Menurutnya, pengesahan Alpukat Moncok Mentaram menambah jumlah varietas unggulan pertanian di Kota Mataram.

Pemerintah Kota Mataram juga telah menetapkan varietas unggulan jenis Mangga Mentaram dan Duku Ruslan yang kini sudah dikenal luas di Kota Mataram.

Pewarta: Siti Zulaeha
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Padi varietas Inpari 32 jadi unggulan petani Temanggung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar