Banten jadi tuan rumah Kongres Anak Indonesia

Banten jadi tuan rumah Kongres Anak Indonesia

Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait (ANTARA)

Dengan penyelenggaraan KAI ini, diharapkan terwujudnya langkah-langkah pemenuhan hak dasar anak untuk berpartisipasi mengungkapkan kesulitan mereka yang selanjutnya akan dijadikan rekomendasi kepada keluarga Indonesia, masyarakat serta pemerintah,"
Serang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Banten akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres Anak Indonesia (KAI) XII, Juni 2014.

Untuk memastikan kesiapan Provinsi Banten menjadi tuan rumah kongres anak Indonesia tingkat nasional ke XII Tahun 2014 tersebut, Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait bertemu Wakil Gubernur (Wagub) Banten H Rano Karno di Kantor Gubernur Banten di Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B) di Serang, Rabu.

Pertemuan tersebut dalam rangka audiensi dengan Wagub Banten sehubungan akan digelarnya Kongres Anak Indonesia (KAI) tingkat nasional XII di Provinsi Banten 9-12 Juni 2014, melalui rekomendasi kongres KAI XI di Kota Batam tahun 2012.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan, dalam penyelenggaraannya KAI di Banten akan melibatkan partisipasi lembaga Perlindungan Anak (LPA), Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat dan dunia usaha melalui CSR. Untuk itu, ia meminta dukungan kepada Pemerintah Provinsi Banten untuk persiapan digelarnya acara tersebut, dengan mengajak pemerintah kabupaten/kota dan dunia usaha melalui CSR untuk berpartisipasi menyukseskan kegiatan tersebut.

"Saat ini ada dua lembaga yang melaksanakan pelayanan dan perlindungan anak yaitu Komnas PA dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Dengan penyelenggaraan KAI ini, diharapkan terwujudnya langkah-langkah pemenuhan hak dasar anak untuk berpartisipasi mengungkapkan kesulitan mereka yang selanjutnya akan dijadikan rekomendasi kepada keluarga Indonesia, masyarakat serta pemerintah," kata Arist.

Ia mengatakan, KAI telah diselenggarakan sejak tahun 2000 diadakan dalam rangka pemenuhan hak dan partisipasi anak sebagai pelaksanaan UU No. 23 tahun 2002.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komnas PA juga mengatakan pertemuannya dengan Wagub Banten terkait beberapa hal yang perlu dievaluasi, antara lain perijinan panti asuhan yang berada di wilayah Banten.

"Kunjungan ini juga terkait evaluasi perijinan panti asuhan di wilayah Banten dalam meningkatkan fungsi pengawasan dari pemerintah," katanya.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Banten, Nandy Mulya mengatakan, dalam rangka persiapan pelaksanaan kongres anak Indonesia di Banten, pihaknya telah melaksanakan rapat persiapan antara dinas sosial LPA Provinsi Banten pada tanggal 18 Februari 2014.

Hasil rapat tersebut antara lain peserta KAI nantinya akan diikuti sekitar 340 anak Indonesia dari berbagai unsur, baik anak yang berprestasi di sekolah, pramuka, osis, juga dari kalangan anak penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), anak dengan perlindungan khusus(AMPK), anak dengan kedisabilitasan (ADK) serta anak korban tindak kekerasan (AKTK).

"KAI XII 2014 merupakan rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional dalam rangka menyuarakan hak-hak anak seluruh Indonesia yang melibatkan peserta hasil pemilihan dari Forum Anak Daerah dari masing-masing provinsi," kata Nandy Mulya. ***3***

(M045/F003)

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Jalan penghubung Lebak-Bogor ambles tergerus longsor

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar