Barry Likumahuwa "berduel" dengan juara jazz Ukraina

Barry Likumahuwa "berduel" dengan juara jazz Ukraina

Pianis Jazz Joey Alexander dirangkul musisi senior Benny Likumahuwa saat Java Jazz Festival 2014 (Indra Arief P)

Dia adalah masa depan jazz Indonesia, dan juga dunia, menurut saya, seseorang yang masih 10 tahun, tapi sudah juara di mana-mana,"
Jakarta (ANTARA News) - Musisi jazz Barry Likumahuwa "berduel" dengan pianis cilik Indonesia, yang pernah memenangi sebuah turnamen jazz di Ukraina, Joey Alexander (10 tahun), saat membawakan lagu milik legenda Bubi Chen, "Shang and Darin".

Dua musisi yang berbeda umur hingga 20 tahun ini, "jamming" di A Tribute To Legendary Jazz of Indoensia, ava Jazz Festival 2014, Jakarta, Minggu malam dan berhasil membuat ratusan penonton menggoyangkan kepala, mengusir rasa kantuk di malam yang kian larut.

"Dia adalah masa depan jazz Indonesia, dan juga dunia, menurut saya, seseorang yang masih 10 tahun, tapi sudah juara di mana-mana," kata Barry saat memperkenalkan Joey.

Joey, juara Grand Prix International Festival - Contest of Jazz Improvisation Skill, Ukraina, menjadi bintang tamu acara penghormatan untuk musisi-musisi jazz Indonesia sejak era 1950-an itu.

Joey, tampak malu-malu saat diperkenalkan oleh Barry, namun dia menjadi bintang bersama pemain saxophone, Bastian yang juga masih muda, saat membawakan salah satu lagu milik Bubi Chen itu.

Lagu "Shang and Darin" merupakan tembang karya Bubi, yang berlatar belakang cerita musisi legendaris itu saat bekerja di hotel di Semarang, Jawa Tengah.

Permainan indah jari-jari mungil Joey pada piano membawa atmosfer "smooth jazz" yang kental dan perlahan mengundang tepuk tangan serta sorotan kamera dari ratusan penonton.

"Saya mendengar dan banyak bermain musik jazz dari musisi internasional," ujar Joey, sambil sedikit tersipu malu, setelah pentas.

Barry mengatakan, prestasi Joey adalah tanda bahwa Indonesia memiliki aset musisi muda yang mampu mengharumkan nama bangsa di kemudian hari.

"Sayang, tidak ada yang liput. Giliran musisi yang main di luar negeri, padahal cuma main di depan WNI saja, langsung banyak liputannya, Yang ini yang juara internasional jarang liputannya," ujar Barry, sedikit menyindir.

Di panggung itu, Barry juga didampingi Ayahnya, yang juga musisi jazz, Benny Likumahuwa, kemudian Indra Azis, dan beberapa musisi muda lainnya seperti Reihan, pemain harmonika berusia 17 tahun.

"Ini saatnya mereka yang bergantian mengisi musik jazz, kita yang tua-tua harus dengarkan musik mereka," ujar musisi senior Benny.

Selain membawakan lagu Bubi Chen, yang berkolaborasi dengan Joey, Barry dan Benny juga membawakan sekitar enam lagu, termasuk tembang "Show Them" yang dinyanyikan Indra Azis.(*)

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar