Los Angeles (ANTARA News) - Siaran langsung Anugerah Oscar telah menarik perhatian 43 juta penonton di Amerika Serikat atau yang terbanyak dalam satu dekade penyelenggaraan Academy Awards, dan mengundang 14,7 kicauan di Twitter.

Namun kebanyakan penonton menganggap siaran terlalu lama kendati sangat menyukai pembawa acara Ellen DeGeneres.

Oscar telah menjadi tontonan paling banyak dilihat di luar siaran olah raga yang pada 2004 menarik perhatian 43,6 juta penonton.

Pemilihan DeGeneres sebagai pembawa acara telah menarik penonton muda, jauh berbeda dari tahun lalu saat penyelenggara berjudi memilih komedian Seth MacFarlane sebagai pembawa acara.

DeGeneres dianggap setara dengan host-host kondang di masa lalu seperti Bob Hope dan Johnny Carson. Brian Lowry, kolumnis televisi pada majalah Variety menyebut monolog pembuka perempuan pembawa acara ini telah membangkitkan hasrat untuk mengulang lagi melihat acara ini.

Perempuan komedian 56 tahun ini menyampaikan guyonan-guyonan segar, termasuk yang dilontarkannya kepada aktris Jennifer Lawrence dan selorohannya mengenai "12 Years a Slave" yang mengatakan rasis jika film ini tidak mendapat Oscar Film Terbaik.

Karen Valvy dari Entertainment Weekly menyebut Ellen DeGeneres telah membuat mereka yang tak ingin menonton Oscar berubah menjadi ingin menontoninya, sedangkan Tim Goodman dari Hollywood Reporter mengatakan DeGeneres telah mengerek kemenarikan tontonan Oscar tahun ini yang disebutnya telah diproduksi dengan buruk karena begitu lama sampai-sampai DeGeneres sendiri terlihat membosankan pada 30 menit terakhir acara.

Dengan mengundang DeGeneres, produser acara tampaknya ingin menggaet lebih banyak penonton muda.  Sedangkan bagian paling banyak menarik penonton adalah saat pengumuman pemenang kategori film terbaik.

Perhelatan tahun ini juga menjadi bukti kehebatan media sosial, terutama yang paling banyak dibicarakan orang adalah foto selfie DeGeneres bersama sejumlah bintang.

Foto ini telah menciptakan rekor paling sering di-retweet dalam Twitter, sejauh ini sudah melewati angka 2 juta tweet, di samping membuat layanan Twitter terganggu selama 20 menit.

Twitter Inc menyebutkan 14,7 juta tweet berkaitan Oscar telah dikirim selama siaran langsung Oscar, sedangkan data keseluruhan aktivitas media sosial dari Nielsen selama acara berlangsung, naik 75 persen dibandingkan dengan tahun lalu, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014