Nusa Dua, Bali, (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia resmi bergabung dalam SkyTeam, sebuah aliansi penerbangan global dengan koneksi 19 maskapai dunia lainnya.

Peresmian masuknya Garuda Indonesia menjadi anggota ke-20 Sky Team berlangsung di Nusa Dua, Bali, Rabu malam, yang dihadiri para CEO Maskapai penerbangan dunia lain, termasuk Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar.

"Ini era baru bagi Garuda Indonesia untuk terkoneksi dengan penerbangan global dengan maskapai bintang lima lainnya anggota SkyTeam," kata Presiden SkyTeam Leo van Wijk.

Menurut Emirsyah, dengan masuk SkyTeam, para penumpang Garuda Indonesia terkoneksi dengan 19 maskapai penerbangan lain anggota SkyTeam.

"Dengan masuknya ke SkyTeam, Garuda Indonesia kembali menempatkan dirinya ke pusaran penerbangan global dan pasar angkutan internasional," katanya.

"SkyTeam merupakan aliansi maskapai penerbangan global, yang memudahkan konsumen terkoneksi ke jaringan penerbangan global dengan lebih banyak tujuan, frekuensi penerbangan, dan konektivitas," kata Emirsyah.
   
Lounge dalam aliansi SkyTeam ada 490 unit, dengan 20 anggota aliansi, yaitu Aeroflot, Aeromexico, Air Europa, Air France, Alitalia, China Airlines, China Eastern, China Southern, Czech Airlines, Delta Airlines.

Kenya Airways, KLM Royal Dutch Airlines, Korean Air, Saudia, TAROM dan Vietnam Airlines.

Aliansi SkyTeam melayani penerbangan 506 juta penumpang tiap tahun dalam 14.000 penerbangan harian dengan 958 tujuan di 173 negara.

Acara peresmian dimeriahkan dengan tari Bali dan tari Saman yang dimainkan oleh para pramugari dan awak kabin Garuda Indonesia.

Pewarta: Akhmad Kusaeni
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014