UNJ mewisuda 1.615 orang lulusan

UNJ mewisuda 1.615 orang lulusan

UNJ (unj.ac.id)

Jakarta (ANTARA News) - Uniersitas Negeri Jakarta (UNJ) mewisuda 1.615 lulusan tahun 2013/2014 dalam sidang terbuka Senat Guru Besar UNJ yang dipimpin Rektor UNJ Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd, Kamis.

Para lulusan itu terdiri dari program Diploma 71 orang, Sarjana 1.229 orang, Magister 204 orang, dan Doktor 111 orang. Sampai dengan semester ini, jumlah alumni UNJ sebanyak 90.792 orang.

Sebanyak 28 wisudawan dan wisudawati terbaik yang terbagi menjadi 2 lulusan Diploma, 7 lulusan Sarjana, 10 lulusan Magister, dan 9 lulusan Doktor.

Terdapat pula wisudawan berprestasi UNJ yang berhasil mendapatkan Nobel, Andi Dwi Putra. Selain itu, lulusan beasiswa Bidik Misi yang berhasil menyelesaikan studinya hanya dalam kurun 3 setengah tahun.

Rektor UNJ, Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd, mengatakan, para wisudawan dan wisudawati berada di tengah masyarakat yang majemuk, yang berarti berbagai proses interaksi akan terjadi, seperti bekerjasama, saling membantu dan tolong menolong, dan membangun organisasi.

Namun, para wisuawan juga akan menghadapi persaingan yang tak mungkin dihindari. "Kita harus memahami kemampuan diri kita, agar dapat mengaktualisasikan apa yang menjadi kemampuan kita, untuk dilakukan di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya.

Dengan cara seperti itu, kata rektor, ketika para wisudawan dan wisudawati terjun ke masyarakat, mereka siap berkiprah di generasi emas 2045 (100 tahun RI).

Selain itu, Rektor juga mengingatkan kepada para wisudawan bahwa tahun 2015 tinggal beberapa bulan lagi, yang dimana negara-negara ASEAN sepakat untuk melaksanakan "Masyarakat Ekonomi ASEAN" yang dinamis dan tanpa sekat.

Oleh karena itu, Rektor menyampaikan harapannya untuk para wisudawan dan wisudawati menyiapkan diri agar dapat berkompetisi ke depannya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar