Yogyakarta (ANTARA News) - Surabaya Samator mengamankan tiket grand final Proliga 2014 setelah mengandaskan harapan Jakarta Electric PLN 3-1 (23-25, 25-20, 25-19, 25-16) pada pertandingan empat besar putaran kedua di GOR Amongrogo Yogyakarta, Sabtu.

"Posisi di grand final ini akan menjadi pembuka jalan untuk meraih gelar juara. Kami terakhir kali juara Proliga pada 2009," kata Pelatih Surabaya Samator Ibarsyah usai pertandingan.

Babak grand final dicapai dengan usaha cukup keras tim putra asal Jawa Timur tersebut karena sempat kehilangan set pertama.

Ibarsyah mengakui, anak asuhnya tidak bermain tenang selama set pertama dan terkesan terburu-buru untuk meraih angka, sedangkan tim lawan terlihat sangat menikmati pertandingan.

"Tidak ada perbedaan teknik yang terlalu jauh antara kedua tim. Di set pertama, murni masalah mental pemain. Pemain kami sepertinya terbebani target untuk maju ke grand final," katanya.

Namun demikian, permainan berubah 180 derajat mulai set kedua saat tim yang dipimpin kapten Mahfud Nurcahyadi tersebut mampu mendapatkan kembali ritme permainan mereka.

Di tiga set terakhir, tim yang mengenakan kostum biru muda tersebut selalu unggul dalam perolehan poin. Nilai kemenangan tim ditentukan saat bola dari Jakarta Electric PLN dinyatakan keluar.

"Kami tidak memilih lawan saat grand final nanti. Semua tim yang lolos pasti memiliki kualitas yang bagus. Hal yang paling penting dilakukan adalah pemain adalah fokus saat pertandingan. Kuncinya hanya itu," kata Ibarsyah.

Sementara itu, Mahfud Nurcahyadi mengatakan akan mencoba untuk terus menenangkan anggota timnya menjelang pertandingan grand final di Jakarta pekan depan.

"Sebagian besar anggota tim baru pertama kali merasakan posisi sebagai tim yang masuk grand final. Semua anggota tim harus bisa tenang saat bertanding nanti," kata kapten tim bernomor punggung empat itu.

Lawan Samator di grand final akan ditentukan hasil pertandingan Minggu (9/3). Jakarta Electric PLN berhadapan dengan Palembang Bank Sumsel dan Samator akan bertemu Jakarta Pertamina.

Saat ini, Samator menempati posisi teratas klasemen dengan 11 poin, sedangkan Jakarta Pertamina Energi di posisi kedua dengan sembilan poin dan Palembang Bank Sumsel dengan tujuh poin di posisi ketiga.

Pada pertandingan sebelumnya, tim putra Jakarta Pertamina Energi menang 3-0 (25-16, 25-21, dan 25-18) atas Palembang Bank Sumsel.

Sedangkan di tim putri, dua tim sudah dipastikan maju ke grand final yaitu Manokwari Valeria dan Jakarta Pertamina.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014