Detroit (ANTARA News) - Meksiko memenangkan ribuan lapangan kerja sektor otomotif dengan menawarkan kombinasi lengkap ongkos biaya tenaga kerja murah dan kemudahan ekspor kendaraan ke AS, Amerika Selatan, serta Eropa.

Duapuluh tahun sejak Presiden Bill Clinton menandatangani Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, Honda dan Mazda membuka dua pabrik perakitan baru di Meksiko dalam kurang dari satu minggu.

Pabrik-pabrik itu, ada di kota Amerika tengah Celaya dan Salamanca, merepresentasikan investasi lebih dari 2 miliar dolar, menurut laporan USA Today baru-baru ini.

Antara 2013 dan 2015, Honda, Mazda, Nissan, Chrysler, dan Volkwagen berencana menginvestasikan 6,58 miliar dolar di Meksiko, kata Free Press Research.

Menambahkan ke NAFTA, Meksiko memiliki 10 perjanjian perdagangan bebas lainnya yang mencakup 43 negara, menurut ProMexico, sebuah badan pengembangan ekonomi pemerintah Meksiko.

"Ini sebuah maha karya pembangunan ekonomi," kata Sean McAlinden, ekonom senior di Center for Automotive Research.

Center for Automotive Research memperkirakan bahwa investasi yang diumumkan produsen otomotif senilai 19,2 miliar dolar antara 2010-2012 di tujuh negara Great Lakes.

Produsen otomotif Jepang sedang memilih untuk membangun pabrik-pabrik di Meksiko untuk mengurangi fluktuasi nilai yen Jepang.

Pelemahan yen telah mendorong profitabilitas mobil-mobil yang dibuat di Jepang dan dijual di Amerika, tapi Toyota, Honda, dan Nissan melanjutkan untuk lebih mengalihkan produksi dari Jepang ke Amerika Utara.

Untuk kendaraan-kendaraan kecil khususnya, basis biaya rendah Meksiko menarik.

McAlinden memperkirakan produksi otomotif Meksiko akan melonjak dari 2,9 juta unit tahun lalu menjadi 4,5 juta setahun pada 2020.

Dalam periode sama, output dari pabrik-pabrik perakitan di Kanada akan turun dari 2,4 juta unit menjadi hanya 1,8 juta unit.

IHS memperkirakan bahwa produksi otomotif AS akan tumbuh dari 10,9 juta tahun lalu menjadi 11,9 juta pada 2010.

Rata-rata pekerja perakit mobil atau pembuatan suku cadang di Meksiko mendapatkan 7,79 dolar per jam termasuk benefit, menurut Center for Automotive Research.

Itu sangat murah dibanding 37,38 dolar di AS dan 39,04 dolar di Kanada.

Tahun lalu, Chrysler menginvestasikan 1,23 miliar dolar untuk ekspansi pabrik lama di Saltillo, Meksiko, yang memproduksi van komersial Ram ProMaster.
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014