UGM memiliki 18 fakultas, Sekolah Vokasi, dan Sekolah Pascasarjana yang nanti bisa dikerjasamakan. Dengan demikian, cakupan kerja sama dapat lebih luas."
Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Flinders University, Australia, menjalin kerja sama "dual degree" dalam program master administrasi publik, manajemen, kebijakan, dan manajemen rumah sakit.

Kesepakatan kerja sama itu ditandai penandatanganan nota kesepahaman oleh Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Pratikno dan President/Vice Chancellor Flinders University Michael Barber di Yogyakarta, Rabu.

Pratikno mengatakan kerja sama "dual degree" program master itu difokuskan pada pertukaran mahasiswa dan dosen serta kerja sama riset. Dengan kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Indonesia.

"Melalui kerja sama yang dijalin UGM dengan Flinders University itu diharapkan dapat mendukung penguatan kapasitas mahasiswa pada program tersebut," katanya.

Menurut dia, kerja sama itu nanti diharapkan dapat dilaksanakan tidak hanya dalam bidang administrasi publik dan manajemen rumah sakit, tetapi juga dapat dilakukan dalam bidang yang lebih luas.

"UGM memiliki 18 fakultas, Sekolah Vokasi, dan Sekolah Pascasarjana yang nanti bisa dikerjasamakan. Dengan demikian, cakupan kerja sama dapat lebih luas," katanya.

Michael Barber mengatakan dengan kerja sama program "dual degree" pada tingkat master itu diharapkan dapat memperbesar kesempatan mahasiswa Indonesia untuk belajar di Australia.

"Kami berharap ke depan akan semakin banyak mahasiswa Australia yang dapat kuliah di Indonesia tidak hanya untuk belajar bahasa dan budaya tetapi juga bidang-bidang lain," katanya. (B015/M008)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014