Dosen selain aktif dalam bidang pendidikan dan penelitian, juga dituntut terlibat dalam pengabdian masyarakat sebagai upaya memberdayakan masyarakat,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Dosen sebagai sivitas akademika diharapkan terlibat secara aktif dalam program pengabdian masyarakat, kata Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Widodo Brontowiyono.

"Dosen selain aktif dalam bidang pendidikan dan penelitian, juga dituntut terlibat dalam pengabdian masyarakat sebagai upaya memberdayakan masyarakat," katanya di Yogyakarta, Rabu.

Pada lokakarya "Meraih Hibah Pengabdian Eksternal", ia mengatakan sebenarnya untuk bidang penelitian Universitas Islam Indonesia (UII) termasuk cukup baik, tetapi untuk bidang pengabdian masyarakat masih perlu banyak penyempurnaan.

"Kami berharap lokakarya itu dapat mendorong peningkatan pengabdian UII kepada masyarakat. Berkaitan dengan hal itu selama ini UII telah bekerja sama dengan Pertamina dalam beberapa program," katanya.

Menurut dia, beberapa program itu antara lain "Pertamina Goes to Campus" dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina. UII telah beberapa kali menjadi tuan rumah pelaksanaan program-program tersebut.

"Peran UII dalam pengabdian masyarakat sangat dibutuhkan sehingga masyarakat lebih berdaya secara ekonomi. Sebuah survei menyatakan bahwa DIY termasuk salah satu provinsi dengan jumlah penduduk miskin yang banyak di Pulau Jawa," katanya.(*)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014