Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat dinobatkan sebagai menteri paling menginspirasi ("Most Inspirational Minister") dalam acara Men's Obsession Awards 2014.

"Para tokoh yang dianugerahkan penghargaan tersebut adalah tokoh yang dipilih oleh tim penilai dengan kriteria yang sangat ketat terutama menyangkut integritas, kapabilitas, profesionalisme dan achievement atau prestasi," kata Presiden Direktur Men's Obsession Usamah Hisyam melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Usamah mengatakan, MS Hidayat terpilih sebagai menteri paling menginspirasi lantaran, alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung itu dinilai sosok tepat mengisi pos kementerian yang telah memberikan kontribusi cukup besar terhadap PDB nasional dibandingkan sektor-sektor lainnya.

"Di era kepemimpinannya beliau mampu membangkitkan sektor industri setelah mengalami pelambatan pada periode 2005--2010. Beliau memiliki konsep strategis untuk membawa Indonesia menjadi negara industri yang tangguh sesuai arah dan tujuan pembangunan industri nasional sebagaimana diterapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2008 Tentang Kebijakan Industri Nasional," ujar dia.

Dia mengatakan visi pembangunan industri adalah menjadikan Indonesia sebagai negara industri tangguh di dunia pada tahun 2025.

Menperin menurut dia, telah meletakkan nilai-nilai strategis sebagai upaya pencapaian visi tersebut dengan tujuh misi yakni mendorong peningkatan nilai tambah industri, mendorong peningkatan perluasaan pasar domestik dan internasional, mendorong peningkatan industri jasa pendukung, memfasilitasi penguasaan teknologi industri, memfasilitasi penguatan struktur industri, mendorong penyebaran industri ke luar Pulau Jawa dan mendorong peran industri kecil dan menengah (IKM) terhadap PDB.

Men’s Obsession Awards 2014 merupakan penghargaan yang diberikan kepada tokoh lintas bidang dan badan usaha/bisnis, sekaligus dalam rangka memperingati 10 tahun atau satu dekade majalah Men’s Obsession.

Usamah mengatakan penganugerahan "Men’s Obsession Awards 2014 & Men’s Obsession Decade Awards 2004-2014" sebagai bagian dari keluarga besar pers Indonesia yang salah satu perannya adalah ikut mencerdaskan bangsa.

"Dengan tradisi memberikan penghargaan kepada mereka yang berprestasi, diharapkan akan menumbuhkan inspirasi dan menjadi trigger serta memotivasi masyarakat untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara ini dengan karya dan prestasi," kata dia.

Penghargaan sejenis juga diberikan kepada kepada sembilan tokoh lainnya yaitu Sidarto Danusubroto (Ketua MPR RI), Marzuki Alie (Ketua DPR RI), Irman Gusman (Ketua DPD), Syarief Hasan (Menteri KUKM), Tifatul Sembiring (Menteri Kominfo), Hatta Rajasa (Menko Perekonomian), Awang Faroek (Gubernur Kaltim), Ahmad Heryawan (Gubernur Jabar), serta  Agustin Teras Narang (Gubernur Kalteng).

Selain itu, tujuh penghargaan lainnya diberikan kepada tokoh profesional antara lain Yusril Ihza Mahendra (Pakar Hukum Tata Negara), Eddy S. Soegoto (Rektor Unikom Bandung), Irawati Pratignyo (Managing Director Nielsen Indonesia), Maruarar Sirait (Legislator), Karni Ilyas (Jurnalis/Direktur TVOne), serta Osman Sapta Odang (Owner Oso Group), dan Johnny Darmawan (Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor).(*)

Pewarta: Rangga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014