Pekanbaru (ANTARA News) - Tim Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau sudah menjatuhkan lebih 1,6 juta liter bom air (water bombing) untuk memadamkan titik-titik kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau.

"Ada banyak pesawat yang dilibatkan untuk operasi water bombing ini," kata Kepala Bidang Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo kepada pers di Pekanbaru, Senin.

Menurut data satgas, pesawat Sikorsky sepanjang dua pekan terakhir telah melakukan penerbangan dengan 348 kali sorti.

Pesawat ini memiliki kapasitas angkut 3.600 liter per sorti sehingga total air yang telah dijatuhkan untuk upaya pemadaman titik kebakaran mencapai 1,25 juta liter.

Sikorsky menurut catatan penerbangan telah melakukan pemboman air di sejumlah daerah seperti Bengkalis dan Kota Dumai.

Kemudian untuk data penerbangan Pesawat Bolcow, satgas mencatat 121 sorti (kapasitas 500 liter per sorti) sehingga total pemboman air telah mencapai 60.500 liter di sekitar Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir serta wilayah perbatasan dengan Palembang.

Sementara pesawat Kamov telah melakukan 219 kali sorti (kapasitas 500 per sorti) sehingga total angkutan air mencapai 116.500 liter selama operasi, sedangkan helikopter bantuan dari Sinarmas 228 kali sorti (500 liter per sorti) sehingga total air disiramkan 114.000 liter.


Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014