Penitipan anak ini perlu diadakan, karena cukup banyak orang tua yang ingin kampanye terpaksa membawa anaknya karena tidak bisa dititipkan dan akhirnya parpol yang disalahkan karena melibatkan anak dalam kampanye,"
Sukabumi (ANTARA News) - Partai Keadilan Sejahtera akan menyiapkan tempat khusus penitipan anak selama kampanye terbuka Pemuilu Legislatif 2014 ini untuk membantu orang tuanya yang ingin ikut kampanye.

"Penitipan anak ini perlu diadakan, karena cukup banyak orang tua yang ingin kampanye terpaksa membawa anaknya karena tidak bisa dititipkan dan akhirnya parpol yang disalahkan karena melibatkan anak dalam kampanye. Maka dari itu, kami memiliki ide untuk menyediakan tempat khusus untuk penitipan anak," kata Anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PKS, Yudi Widiana Adia kepada Antara, Kamis.

Menurut Yudi, agar anak yang dititipkan tidak jenuh, maka pihaknya juga menyediakan sarana permainan sederhana dan pemandu atau pengasuh anak yang berkompeten. Selain itu, Yudi yang juga caleg DPR RI dari PKS di Dapil Jabar IV Kota/Kabupaten Sukabumi ini juga akan menampilkan "Satria Y" (Satria Kang Yudi) untuk menghibur anak-anak.

Sehingga dengan adanya tempat penitipan anak ini, selain orang tuanya bisa merasa aman anaknya dititipkan di tempat penitipan anak, juga parpol tidak akan disalahkan oleh penyelenggaran pemilu ini seperti Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu atau Panitia Pengawas Pemilu di daerah.

"Untuk tempatnya kami akan menyediakan di rumah milik kader PKS yang tidak jauh dari lokasi pusat kampanye terbuka sehingga orang tuanya pun tidak akan kesulitan mengambil anaknya lagi usai berkampanye," tambahnya.

Yudi mengakui adanya anak-anak yang dibawa oleh orang tuanya saat kampanye ini menjadi perhatian berbagai pihak tidak hanya penyelenggaran dan pengawas pemilu saja, tetapi instansi lainnya seperti Komisi Perlindungan Anak Indonesia juga turut mengawasi pelaksanaan kampanye ini. Memang sesuai aturan, membawa anak ke lokasi kampanye tidak diperbolehkan, namun dengan jumlah massa yang ribuan pihaknya juga kesulitan dalam melakukan pengawasan.

Namun, dengan adanya tempat penitipan anak ini diharapkan bisa meminimalisir dan atau mempermudah orang tuanya yang ingin ikut kampanye.

"Tempat seperti ini perlu dibuat, karena kami akui membawa anak ke lokasi kampanye bisa berdampak terjadi sesuatu apalagi saat ini musim hujan, sehingga membuat khawatir kami akan keselamatan dan kesehatan si anak tersebut," kata Yudi yang juga menjabat Ketua DPP PKS serta duduk di Komisi V DPR RI.(*)

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014