Siklon tropis Gillian sebabkan hujan di Jakarta

Siklon tropis Gillian sebabkan hujan di Jakarta

Awan kelabu menggelayut di langit Jakarta pada Minggu. Siklon tropis Gillian yang berada di Samudera Hindia selatan barat daya Banten menyebabkan hujan di Ibu Kota. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Jakarta (ANTARA News) - Siklon tropis Gillian yang pada Minggu berada di Samudera Hindia selatan barat daya Banten menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Jakarta.

"Selain Jakarta, potensi hujan sedang hingga lebat juga di Lampung dan Banten," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono R Prabowo di Jakarta, Minggu.

Siklon tropis yang berada di sekitar 12.9 Lintang Selatan (LS), 104.1 Bujur Timur (BT) atau sekitar 810 kilometer sebelah selatan barat daya Jakarta itu juga menyebabkan hujan ringan hingga sedang di Bengkulu dan Jawa Barat.

Siklon tropis Gillian bergerak ke arah selatan barat daya dengan kecepatan delapan knots atau 15 kilometer per jam dan bertekanan terendah 959 mb dengan kekuatan 165 kilometer per jam (90 Knot).

BMKG memprediksikan 24 jam ke depan siklon berada di Samudera Hindia selatan barat daya Banten, sekitar 15.6 LS, 103.0 BT atau sekitar 1.130 kilometer selatan barat daya Jakarta.

Siklon itu diperkirakan bergerak ke selatan barat daya dengan kecepatan tujuh knots (13 km/jam) dan tekanan terendah 956 mb dengan kekuatan 165 km/jam (90 Knot).

Selain menyebabkan hujan, Mulyono mengatakan, siklon tropis tersebut juga berpeluang menimbulkan gelombang laut setinggi dua hingga tiga meter di perairan selatan Banten hingga Jawa Barat dan Samudera Hindia selatan Lampung hingga Jawa Tengah.

Sementara gelombang laut setinggi tiga hingga lima meter juga berpeluang terjadi di Samudera Hindia selatan Banten hingga Jawa Barat.

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar