Jerman memuncaki Grup C Zona Eropa dengan tak pernah sekali pun kalah sehingga lolos otomatis ke Piala Dunia 2014 dengan sembilan kali menang dari sepuluh pertandingan.

Timnas asuhan Joachim Low juga menjaringkan 36 atau terbanyak di Zona Eropa. Juara dunia tiga kali ini memukau dengan gaya menyerangnya sehingga pantas menjadi favorit kuat juara di Brasil.

Namun masih ada ruang yang mesti ditingkatkan. Seri 4-4 melawan Swedia di Berlin adalah kenangan menyedihkan justru ketika Jerman sudah unggul 4-0.

Joachim Low mengatakan timnya perlu memperbaiki sektor pertahanan dan mempertajam barisan depan. Kenyataannya pada laga persabatan 5 Maret lalu Jerman tampil medioker dibandingkan tamunya Chile yang lebih impresif kendati menang tipis 1-0.

Catatan di Piala Dunia

Jerman menempati urutan ketiga negara paling banyak juara dunia di bawah Brasil (lima kali) dan Italia (empat kali). Saat menjuarai Piala Dunia 1954 di Swiss, Jerman sama sekali bukan unggulan, namun mereka sukses menjadi tim terbaik.

Franz Beckenbauer cs lalu merebut gelar juara dunia di kandang sendiri di Jerman pada 1974, sedangkan Lothar Matthaus cs menjuarai Piala Dunia Italia 1990.

Jerman juga empat kali runner-up pada Piala Dunia 1966, 1982, 1986 dan 2002, menempati posisi tiga pada Piala Dunia 1934, 1970, dan pada dua putaran final terakhir pada 2006 dan 2010.

Tak ada tim yang menyamai Jerman dalam rekor keikutsertaannya pada putaran final Piala Dunia (99 kali) sekaligus mencetak gol paling banyak (222).

Pemain kunci

Kiper Manuel Neuer yang meneruskan Oliver Kahn dan Jens Lehmann menjadi salah satu kiper terbaik di dunia. Yang juga pemain kunci adalah gelandang serang Philipp Lahm dan Bastian Schweinsteiger yang masing-masing sudah 100 kali membela timnas.

Generasi setelah mereka juga menjanjikan. Mantan pemain Real Madrid yang kini bermain di Arsenal, Mesut Ozil, adalah pemain berbakat yang kreatif dengan kemampuan mengumpan salah satu terbaik di dunia.

Di depan, ada Thomas Muller yang memenangi Golden Boot dan menjadi Pemain Muda Terbaik pada Piala Dunia 2010, sedangkan para darah muda seperti Marco Reus, Andre Schurrle, Toni Kroos, dan Mario Gotze dari hari ke hari semakin bagus saja.

Pelatih: Joachim Low

Peringkat FIFA: 2

Prestasi terbaik Low pada turnamen-turnamen FIFA: Piala Dunia Swiss 1954, Piala Dunia Jerman 1974, dan Piala Dunia Italia 1990 (juara), Piala Dunia U-20 Australia 1981 (juara).

Mantan pemain bintang:
Franz Beckenbauer, Gerd Müller, Lothar Matthaus

Jadwal pertandingan Jerman:
- 16 Juni melawan PORTUGAL di Salvador (Arena Fonte Nova)
- 21 Juni melawan GHANA di Fortaleza (Estadio Castelao)
- 26 Juni melawan AMERIKA SERIKAT di Recife (Arena Pernambuco).

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014