Gol tunggal Maitimo bawa Timnas atasi Andora

Gol tunggal Maitimo bawa Timnas atasi Andora

ilustrasi Pelatih Timnas Senior Alfred Riedl (dua kiri) memberikan instruksi kepada pemain pada latihan perdana di Lapangan UPH Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (26/2). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Jakarta (ANTARA News) - Gol tunggal Raphael Matiomo membawa Timnas Indonesia mengatasi Timnas Andora pada pertandingan persahabatan di Stadion Luis Suner Pico, Alzira, Valencia Spanyol, Rabu.

Berdasarkan laman resmi FIFA, gol pemain keturunan Indonesia-Belanda dicetak melalui tendangan pinalti pada menit 49. Dengan terciptanya gol itu, Maitimo telah membukukan dua gol selama membela Timnas Garuda.

Pinalti itu sendiri terjadi setelah Raphael Maitimo dijatuhkan di kotak terlarang oleh pemain Andora, Jordi Robio. Pemain dengan nomor punggung delapan itu tidak mensia-siakan kesempatan setelah ditunjuk sebagai algojo dan membawa Indonesia unggul 1-0.

Pada pertandingan perdana Tur Spanyol, Firman Utina dan kawan-kawan masih terlihat canggung. Terbukti saat melawan tim dengan rangking FIFA 198 itu pemain timnas terlihat kesulitan untuk menerobos pertahanan Andora.

Berbekal gabungan pemain muda dan senior serta menggunakan formasi 4-2-3-1, Timnas Garuda baru bisa menerobos pertahanan Andora pada menit tujuh lewat Greg Nwokolo. Hanya saja tendangan pemain naturalisasi ini masih menyamping disisi gawang lawan.

Andora yang sudah terbiasa melawan tim-tim besar Eropa juga tidak tinggal diam. Anak asuh Kolda Alvarez bermain cepat dan mengandalkan keunggulan postur tubuh. Peluang pertama tim lawan terjadi menit 37, beruntung tendangannya masih diatas gawang Andritany. Kondisi sama kuat terjadi hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua kedua tim sama-sama bermain ngotot. Indonesia yang ingin mengakhiri hasil buruk diipertandingan internasional terus menekan meski lawan juga memberikan tekanan yang tidak kalah sengit.

Terciptanya gol lewan tendangan pinalti Maitimo pada menit 49 membuat lawan bermain lebih garang. Gesekan-gesekan antar pemain juga sempat terjadi. Andora yang ingin menyamakan kedudukan bahwa beberapa kali memberikan ancaman.

Meski ditekan, Muhammad Roby dan kawan-kawan tetap berman dengan tenang. Hasilnya tidak ada lagi gol yang tercipta hingga pertandingan usai. Hasil ini membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan perdana sejak kembali dilatih Alfred Riedl.

Setelah melawan Andora, Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk Piala AFF 2014 akan kembali melakukan pertandingan ujicoba melawan Timnas Kuba ditempat yang sama Sabtu (29/3). Setelah itu akan menghadapi salah satu klub La Liga Elche, Rabu (2/4).(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar