counter

Glasgow Celtic juarai Liga Skotlandia

Glasgow Celtic juarai Liga Skotlandia

Glasgow Celtic usai pertandingan terakhir musim 2012/2013 melawan St Johnstone di Stadion Celtic Park, Glasgow, Skotlandia, tahun lalu (REUTERS/Russell Cheyne)

Glasgow (ANTARA News) - Celtic memastikan gelar juara liga yang ke-45-nya setelah memberondong Partick Thistle dengan skor 5-1 di Firhill dini hari tadi.

Ini adalah rengkuhan juara Liga Skotlandia paling dini sejak musim 1928/29 ketika Glasgow Rangers melakuannya pada 16 Maret 1929.

Anthony Stokes membuka gol Celtic lewat sundulannya pada menit ketiga sebelum pemain pengganti Liam Henderson menciptakan gol pertamnya untuk The Hoops hanya empat menit setelah diturunkan.

Stefan Johansen lalu melepaskan tembakan keras yang tak bisa dibendung Paul Gallacher pada menit 53, sedangkan gol Leigh Griffiths dan Stokes lainnya dianulir karena lebih dulu offside, sebelum Christie Elliott menjaringkan gol penghibur untuk Thsitle pada menit 85.

Stokes lalu menciptakan gol sensasional yang melewati hadangan Gallacher sebelum Kris Commons menciptakan gol kelima pada tiga menit waktu tambahan untuk membawa Celtic 26 poin bersih di atas peringkat dua Aberdeen dengan masih tujuh pertandingan tersisa, dan memastikan gelar juara ke-45 kalinya.

The Hoops hanya turun sembilan poin dalam perjalanan tanpa ada bandingannya menuju juara, dan hanya menelan satu kali kekalahan selama musmi ini ketika kiper Fraser Forster mencetak rekor bertanding baru Skotlandia dengan 1.256 menit.

Ini juga gelar juara ketiga kali berturut-turut Celtic, sedangkan manajer Neil Lennon yang sudah empat tahun menukangi Celtic kini sudah merasakan lima kali juara, yang satu diantaranya tercipta saat turun menjadi pemain membela Parkhead.

Hasil seri yang diraih Aberdeen dari Ross County sehari sebelumnya membuat The Hoops bertandang ke Firhill dengan keyakinan jika menang mereka akan memastikan sukses ketiga berturut-turutnya di liga, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar