Yamoussoukro, Pantai Gading (ANTARA News)- Presiden Ghana John Dramani Mahama dipilih menjadi ketua baru Masyarakat Ekonomi Negara Afrika Barat (ECOWAS) dalam KTT blok yang beranggotakan 15 negara itu,kata orang yang digantikannya dari Pantai Gading, Sabtu.

"Saya dengan sangat gembira mengemukakan kepada anda bahwa kemarin (Jumat) para sahabat saya... memutuskan untuk mengangkat sebagai ketua ECOWAS, saudara dan sahabat saya John Dramani Nahama, presiden Republik Ghana," kata Presiden Pantai Gading Alssane Ouattara dalam satu pidato penutupan KTT ECOWAS.

Ouattara menyelesaikan masa jabatan dua tahunnya sebagai ketua kelompok Afrika Barat itu di mana ia menangani transisi demokratik di Guinea-Bissau dan perang di Mali.

Ouattara memuji keberhasilan-keberhasilannya di Mali, yang menghadapi satu kudeta dan pemberontakan kelompok garis keras Islam selama masa jabatannya.

"Pemilihan Presiden Ibrahim Boubacar Keita 11 Agustus 2012, adalah hasil satu transisi yang sukses di Mali," katanya.

Pemimpin baru blok itu, Mahama, 55 tahun adalah wakil presiden di Ghana ketika presiden John Atta Mills meninggal Juli 2012. Ia dipilih menjadi pemimpin dari satu negara yang dianggap sebagai mercu suar demokrasi di Afrika Barat Desember tahun lalu, demikian AFP.

(Uu.H-RN/C/H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014